Notification

×

Iklan

Iklan

Prediksi Semifinal, Spanyol VS Prancis: Duel Sesungguhnya....(LIVE RCTI RABU DINI HARI PUKUL 02.00 WIB)

Selasa, 09 Juli 2024 | 10:03 WIB Last Updated 2024-07-09T03:03:08Z

ARN24.NEWS --
Duel sengit di babak semifinal Piala Eropa 2024 tersaji di Allianz Arena/Munich Football Arena, Rabu (10/7/2024) pukul 02.00 WIB. Dua tim saling bertarung untuk memperebutkan satu tiket ke babak final, yakni Spanyol menantang Prancis. 

Rekor 5 pertemuan terakhir Spanyol vs Prancis menunjukan hasil seimbang. Baik La Furia Roja maupun Les Bleus sama-sama mendapatkan 2 kemenangan. Namun, pertemuan teranyar di final UNL 2021 lalu dimenangkan Prancis. La Furia Roja yang datang dengan status tim tersubur, kini ditantang Prancis sebagai tim tersolid dengan rekor clean sheet tertinggi. 

Spanyol dalam bayang-bayang meraih gelar juara untuk ke-4 kalinya. Tradisi unik mengikuti La Furia 
Roja usai mereka mengandaskan Jerman via skor 1-2 di babak perempat final. Pasalnya, dalam sejarah, tim yang menaklukan Jerman sebagai tuan rumah turnamen besar selalu keluar sebagai kampiun. Raihan yang sama pernah diciptakan Belanda ketika menjuarai EURO 1988 silam, selepas mereka  menundukan Jerman di semifinal. 

Berikutnya, Italia meraih gelar Piala Dunia 2006 juga setelah Gli Azzurri membuat Jerman tersingkir di semifinal. Sementara Prancis yang sejauh ini masih tampil di bawah ekspektasi, berharap tak kehilangan cara untuk tetap bertahan di turnamen. 

Meski belum sepenuhnya meyakinkan, faktanya Les Bleus sudah menyingkingkirkan dua tim unggulan lain, Portugal dan Belgia di fase knockout kali ini. Menghadapi Spanyol sekali lagi bakal jadi ujian bagi Prancis. Les Bleus yang masih haus dengan gelar, tak ingin menyia-nyiakan kesempatan melaju 
sejauh mungkin. 

Prancis berupaya menuntaskan misi merebut kembali trofi Henri Delaunay, yang dianggap sebagai permata yang hilang di era kepelatihan Didier Deschamps. Spanyol dan Prancis datang dengan perbedaan performa 180 derajat jelang perjumpaan semifinal ini. 

Spanyol sejak fase grup hingga kini tampil menawan. Sebaliknya, Prancis dengan skuad bintangnya terbilang cukup mengecewakan. Jelang laga, Spanyol masih jadi satu-satunya tim dengan rekor 100 persen kemenangan. Rekor itu dibarengi catatan klinis, dengan raihan 11 gol. La Furia Roja juga berstatus sebagai tim tertajam.

Ketajaman Spanyol sendiri tidak terpaku pada 1 atau 2 sosok pemain saja. Saat ini ada 8 pencetak gol berbeda. Itu termasuk Dani Carvajal yang berposisi sebagai bek sayap, serta Rodri sebagai gelandang bertahan. Nasib berbeda dirasakan Prancis. Secara materi, Prancis relatif dibekali lini serang lebih mentereng. Mereka punya Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Marcus Thuram, hingga Ousmane Dembele.

Pemain yang disebutkan tersebut tidak saja datang dengan modal nama besar, tetapi juga dengan pengalaman. Griezmann pernah menjadi top skor EURO 2016, sedangkan Mbappe merupakan top skor Piala Dunia terbaru edisi 2022 lalu. Namun, materi pemain tersebut nyatanya cuma menghasilkan 3 gol, terendah di antara semifinalis lain. 

Yang lebih mengecewakan, 3 gol tersebut tak satu pun tercipta dari open play. Satu gol datang dari penalti, sedangkan 2 gol lain melalui bunuh diri. Beruntungnya, Prancis punya bekal lini belakang yang terbilang masih solid. Sejauh ini, Les Bleus baru kebobolan 1 gol dan telah menciptakan 4 clean sheet, 
atau tertinggi di turnamen edisi kali ini.

Lini belakang Prancis yang dikawal William Saliba dan Dayot Upamecano masih patut diuji. Pasalnya, Spanyol tidak saja tampil tajam, tetapi La Furia Roja juga membahayakan di kotak lawan. Buktinya, 10 dari 11 gol Spanyol tercipta di kotak penalti lawan. Sementara, lini serang Prancis juga bakal menghadapi ujian. Sebab Spanyol sejatinya juga tampil solid. La Furia Roja yang baru kemasukan 2 kali, tercatat jadi tim dengan kebobolan terendah ke-2 setelah Prancis.

Sedikit angin segar didapatkan Prancis, lantaran Spanyol dipastikan bakal tampil tanpa bek sayapnya, Dani Carvajal, menyusul kartu merah. Carvajal biasa ditempatkan zona pertahanan di area kanan, atau zona penyerangan kiri Prancis yang bisa diisi Mbappe.

Zona tersebut kemungkinan bakal dimanfaatkan Prancis sekaligus membuka potensi gol open play perdana, utamanya dari kontribusi Mbappe. Bukan tak mungkin pula, Prancis yang punya bekal materi pemain penggalaman bakal segera menciptakan ledakan di semifinal.

Catatan ARN24.NEWS
 
Terakhir kali Spanyol dan Prancis bertemu adalah di final UEFA Nations League pada Oktober 2021. Spanyol kalah 1-2. Spanyol unggul lewat gol Mikel Oyarzabal menit 64, kemudian Prancis berbalik menang melalui gol-gol Karim Benzema menit 66 dan Kylian Mbappe menit 80.

Terakhir kali Spanyol dan Prancis bertemu di putaran utama Euro adalah di perempat final Euro 2012. Spanyol menang 2-0 melalui dua gol Xabi Alonso menit 19 dan menit 90+1 (penalti). Spanyol selain kehilangan bek sayapnya, Dani Carvajal, mereka juga akan menepikan bek tengah, Robin Le Normand. Kedua pemain ini tak mendapatkan pemutihan kartu mengingat skorsing didapatkan pada fase perempat final. 

Jesus Navas dan Nacho Fernandez kemungkinan bakal mengisi kekosongan tersebut. Ada pun Prancis tampaknya tak memiliki masalah berarti soal kelengkapan skuad. Pemain andalan seperti Kylian Mbappe hingga Antoine Griezmann masih jadi tumpuan. Sedangkan Adrien Rabiot bisa kembali memperkuat tim setelah absen di laga terakhir karena skorsing kartu.

Spanyol menang 5 kali dan cuma kalah kalah 2 kali dalam 8 laga terakhir vs Prancis. Tak termasuk adu penalti, Spanyol cuma kalah 2 kali dalam 27 laga terakhir di putaran utama Euro. Tak termasuk adu penalti, Spanyol tak terkalahkan dalam 11 laga terakhir di putaran utama Euro. 

Spanyol cuma kalah 1 kali dalam 17 laga terakhir. Spanyol selalu menang dalam 7 laga terakhir. Spanyol 4 kali clean sheet dan cuma kebobolan total 3 gol dalam 7 laga terakhir. Spanyol selalu mencetak minimal 2 gol dalam 6 dari 8 laga terakhir. Tak termasuk adu penalti, Prancis cuma kalah 1 kali dalam 16 laga terakhir di putaran utama Euro. 

Tak termasuk adu penalti, Prancis cuma menang 3 kali dalam 10 laga terakhir di putaran utama Euro.  Prancis 4 kali clean sheet dan cuma kebobolan total 1 gol dalam 5 laga terakhir di putaran utama Euro. Prancis cuma mencetak total 3 gol dalam 5 laga terakhir di putaran utama Euro. 

Prancis cuma kalah 1 kali dalam 13 laga terakhir. Prancis tak terkalahkan dalam 8 laga terakhir. Prancis 6 kali clean sheet dan cuma kebobolan total 1 gol dalam 7 laga terakhir. Prancis cuma mencetak total 3 gol dalam 6 laga terakhir. 

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN: 
Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Jesus Navas, Nacho Fernandez, Aymeric Laporte, Marc Cucurella; Dani Olmo, Rodri, Fabian Ruiz; Lamine Yamal, Alvaro Morata, Nico Williams. (Pelatih: Luis de la Fuente. 

Prancis (4-3-1-2): Mike Maignan; Theo Hernandez, William Saliba, Dayot Upamecano, Jules Kounde; Adrien Rabiot, Auelien Tchouameni, N’Golo Kante; Antoine Griezmann; Kylian Mbappe, Kolo Muani. (Pelatih: Didier Deschamps) 

5 PERTEMUAN TERAKHIR: 
11/10/21 Spanyol 1-2 Prancis (UNL)
29/03/17 Prancis 0-2 Spanyol (Friendly)
05/09/14 Prancis 1-0 Spanyol (Friendly)
27/03/13 Prancis 0-1 Spanyol (Kualifikasi Piala Dunia)
17/10/12 Spanyol 1-1 Prancis (Kualifikasi Piala Dunia).

5 LAGA TERAKHIR SPANYOL: 
15/06/24 Spanyol 3-0 Kroasia (Euro)
21/06/24 Spanyol 1-0 Italia (Euro)
25/06/24 Albania 0-1 Spanyol (Euro)
01/07/24 Spanyol 4-1 Georgia (Euro)
05/07/24 Spanyol 2-1 Jerman (Euro).

5 LAGA TERAKHIR PRANCIS: 
18/06/24 Austria 0-1 Prancis (Euro)
22/06/24 Belanda 0-0 Prancis (Euro)
25/06/24 Prancis 1-1 Polandia (Euro)
01/07/24 Prancis 1-0 Belgia (Euro)
06/07/24 Portugal 0-0 Prancis (Euro).

STATISTIK: 
SPANYOL Menang: 35%
Imbang: 34%
PRANCIS Menang: 31%
SKOR: 1 - 0 (0 : 1/4). (nt/sumber)