Notification

×

Iklan

Iklan

Pemko Dukung Pengembangan Startup di Kota Medan

Kamis, 14 Juli 2022 | 20:06 WIB Last Updated 2022-07-14T13:06:33Z


ARN24.NEWS
– Pemko Medan hingga saat ini terus mendukung pengembangan startup di Kota Medan. Mengingat startup ini merupakan langkah positif dalam mengembangkan teknologi informasi di tanah air khususnya di Kota Medan.


Dukungan tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Kominfo Kota Medan Erwin Saleh mewakili Kadis Kominfo Medan Arrahmaan Pane saat menghadiri FGD Ecosystem Connect Start-up "Gerakan 1.000 Startup Digital" di Gedung Cohive At Clapham Komplek Ruko Centre Point, Kamis (14/7/2022).


Di hadapan para peserta diskusi yang hadir di antaranya perwakilan dari Kementerian Kominfo Sony, Anggota DPRD Kota Medan Afif Abdilah, para civitas akademi dan pelaku startup ini, Erwin Saleh mengatakan saat ini Indonesia menjadi tujuan utama investasi digital terpopuler di Asia Tenggara dengan jumlah lebih dari 40%. 


Indonesia kini bahkan sudah mempunyai strategi nasional ekonomi digital terutama terkait dengan infrastruktur seperti satelit dan fiber optic yang sudah tersambung dari Aceh hingga Papua. Tentunya ke depan ini akan menjadi Game Changer karena industri dan jasa service akan tergabung kedalam proses digitalisasi.


Di Kota Medan sendiri lanjut Erwin Saleh, minat anak muda dalam berkarir di bidang teknologi sangat tinggi, hal inilah yang menjadi salah satu pendorong maraknya industri startup saat ini. Untuk itulah hingga saat ini Pemko Medan terus mendorong perkembangan startup di Kota Medan sebagai langkah positif perkembangan teknologi informasi.


"Pemko Medan sangat mendukung pengembangan startup di Kota Medan. salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemko Medan ialah dengan menggelar Startup Big Day 2022 pada saat perayaan Hut Kota Medan beberapa waktu yang lalu. Kegiatan ini memicu generasi muda yang memiliki ketertarikan terhadap bisnis digital agar mau memulai bisnisnya," kata Erwin Saleh.


Erwin Saleh juga menjelaskan beberapa peluang bisnis startup yang dapat dikembangkan di Kota Medan sesuai dengan potensi kota Medan yang dibranding sebagai kota jasa dan industri, misalnya startup bidang pengawasan anak yang kini sangat dibutuhkan oleh keluarga perkotaan yang dengan intensitas kesibukan orangtua harus meninggalkan anak di rrumah baik dengan keluarga maupun pengasuh sehingga dapat memantau anak dari jarak jauh.


Selain itu ada juga startup di bidang kesehatan yang dapat dikembangkan. Misalnya agar selalu sehat banyak orang mengikuti berbagai kegiatan dan program olahraga hingga diet. Peluang ini dapat diambil dengan mendirikan bisnis startup yang menyediakan layanan konsultasi kesehatan.


"Sebenarnya banyak sekali jenis startup yang dapat dikembangkan mengingat kota Medan yang dinamis dan merupakan kota dengan berbagai potensi yang ada," jelas Erwin Saleh.


Terakhir Erwin Saleh berharap melalui diskusi ini akan melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Sebab SDM yang unggul akan menjamin keberlangsungan industri startup di tanah air.


"Saya yakin Indonesia khususnya Kota Medan akan mampu menjadi surga bagi industri startup di masa mendatang selama kita mampu membuat program yang tepat guna dan tepat sasaran," pungkasnya. (sh)