Notification

×

Iklan

Iklan

Pemko Medan Apresiasi Warga Kurban Berkonsep Tanpa Kantong Plastik

Senin, 11 Juli 2022 | 10:12 WIB Last Updated 2022-07-11T03:12:30Z

Remaja masjid di Perumahan Puri Zahara 2 di Kecamatan Medan Tuntungan yang melakukan penyembelihan dan pembagian hewan kurban pada Idul Adha 1443 H dengan tanpa kantong plastik. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Salah satu program Wali Kota Medan Bobby Nasution yakni penanganan kebersihan secara bertahap mulai menumbuhsuburkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan. Hal ini terbukti dalam pelaksanaan penyembelihan dan pembagian hewan  kurban pada Idul Adha 1443 H di Perumahan Puri Zahara 2 di Kecamatan Medan Tuntungan, Minggu (10/7/2022).  


Selain tidak menggunakan kantong plastik, kotoran hewan kurban  diolah menjadi pupuk. Dengan semangat kolaborasi, warga dan remaja masjid perumahan yang berlokasi di Jalan Bunga Rinte, Simpang Selayang, Medan Tuntungan ini menunaikan ibadah kurban dengan tetap memperhatikan kebersihan dan pelestarian lingkungan. 


Kegiatan itu berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan konsep kebersihan dan kelestarian lingkungan. Warga menggunakan besek dan daun untuk membungkus daging kurban. Wadah guna ulang yang merupakan sumbangan warga dipakai kembali untuk mewadahi jeroan.


Selain itu, warga perumahan itu tidak membiarkan kotoran perut hewan kurban (rumen) menjadi sampah, namun dimanfaatkan menjadi pupuk alami. Sedangkan sampah organik dapur dari hewan kurban juga langsung diolah di area pengomposan.


Kegiatan yang digelar setelah Salat Idul Adha ini juga menerapkan konsep tanpa kantong plastik. Konsep ini diterapkan melalui penyediaan air minum isi ulang dan pemilahan sampah kemasan plastik. Sampah-sampah ini selanjutnya  disetorkan ke Bank Sampah Puri Zahara 2.


Di samping itu, untuk mengantisipasi bau dan penyebaran virus, warga melakukan penyemprotan eco enzyme di lokasi pemotongan hewan qurban. Eco enzyme yang digunakan pun merupakan hasil pengolahan sampah organik oleh warga.


Kadis Lingkungan Hidup Medan, Zulfansyah, Kadis Kebersihan dan Pertamanan, S.I. Dongoran dan Camat Medan Tuntungan, Harry Indrawan Tarigan memberikan apresiasi pada warga yang melaksanakan penyembelihan dan pembagian hewan kurban dengan konsep tanpa kantong plastik dan pelestarian lingkungan ini.


"Apa yang dilakukan warga Perumahan Puri Zahara 2 ini sejalan dengan upaya Pemko Medan dalam mencegah bertambah volume sampah," ungkap Zulfansyah. (sh)