Notification

×

Iklan

Iklan

Sinopsis Film Donnie Darko Tayang di TV: Kisah Remaja Miliki Teman Berwujud Kelinci

Sabtu, 30 Juli 2022 | 15:50 WIB Last Updated 2022-07-30T08:50:41Z

Film Donnie Darko yang tayang di Bioskop Trans TV. (Foto: Newmarket Films via IMDB.com)

ARN24.NEWS -- Sinopsis film Donnie Darko kini menjadi pencarian populer netizen setelah tayang di stasiun TV lokal pada Jumat (29/7/2022). Jake Gyllenhaal menjadi pemeran utama dalam film yang disutradarai dan naskahnya ditulis oleh Richard Kelly. 


Berikut sinopsis film bergenre thriller psikologi yang dilansir dari Liputan6.com. Peringatan, tulisan ini mengandung spoiler atau bocoran hingga akhir cerita Donnie Darko.


Cerita mengambil waktu tanggal 2 Oktober 1988. Seorang pemuda bermasalah, Donald atau Donnie Darko mengalami tidur berjalan usai mendengar suara misterius. Berjalan keluar rumah, ia bertemu orang berkostum kelinci yang memperkenalkan dirinya sebagai Frank. Kepada Donnie, Frank menyebut bahwa bumi akan kiamat dalam waktu 28 hari lagi.


Keesokan harinya, Donnie terbangun di lapangan golf dekat rumah. Pulang ke rumah, Donnie mendapati mesin jet jatuh tepat di area kamarnya, membuat kamar porak proanda. Elizabeth, kakak Donnie, menyebut bahwa FAA (badan penerbangan/aviasi Amerika) tengah menyelidiki dari mana asal mesin itu.


Semenjak itu, Donnie selalu mendapat penglihatan tentang Frank. Orangtua Donnie, Eddie dan Rose, mengirimnya ke psikiater, Dr. Thurman. Sang dokter mendiagnosis Donnie dengan Paranoid Schizophrenia, yang membuatnya terus berhalusinasi.


Frank mulai membisiki Donnie untuk melakukan tindakan yang merusak, seperti merusak saluran air di sekolah hingga membuat seisi gedung banjir. Kitty, seorang guru, mengundang motivator Jim Cunningham berharap bisa memperbaiki sikap Donnie.


Donnie menentang. Frank membisiki Donnie untuk melacak dan membakar rumah Cunningham. Saat pemadam kebakaran datang untuk meredakan api, mereka menemukan sejumlah potret pornografi anak di rumah Cunningham, membuat pria itu ditahan. Kitty yang hendak memberi keterangan pada polisi, menitipkan murid yang akan karya wisata pada Rose, ibunda Donnie.


Ketika Eddie dan Rose keluar kota, Elizabeth dan Donnie menggelar pesta di rumah. Donnie mengundang Gretchen, tetangga baru yang pindah bersama ibunya untuk menghindari ayahnya yang melakukan KDRT. Donnie dan Gretchen berkencan.


Donnie ingat ini malam terakhir sebelum kiamat yang diramalkan Frank, tak mau menyia-nyiakan kesempatan. Donnie mengajak Gretchen ke rumah Sparrow, mantan guru IPA di sekolah yang kini jadi penulis buku.


Di sana, mereka melihat Seth dan Ricky, dua murid tukang bully yang hendak merampok rumah Sparrow. Kala itu Sparrow baru tiba di rumah. Sebuah mobil berusaha menghindari Sparrow tapi malah menabrak Gretchen dan menewaskannya.


Terungkap bahwa pengendara mobil adalah pacar Elizabeth, Frank Anderson, yang sedang mengenakan kostum kelinci sebagaimana dalam penglihatan Donnie. Kemudian Donnie menembak Frank dengan senjata ayahnya, lalu membawa jenazah Gretchen.


Akhir Kisah

Donnie kembali ke rumah dan melihat ada pusaran di atas rumahnya. Di sana ia melihat pesawat yang mengantar Rosa dan para murid pulang tersangkut pusaran, hingga membuat mesin jetnya jatuh dan menimpa kamarnya. 


Rupanya Donnie kembali ke tanggal 2 Oktober 1988. Donnie terbangun di kamar dan tertawa saat mengetahui mesin jet besar jatuh menimpa kamarnya, kemudian membuatnya tewas.


Orang-orang yang sempat berinteraksi dengan Donnie selama 28 hari terakhir, terbangun dari mimpi buruk. Tampak Gretchen baru tiba di area perumahan dan mengetahui kabar kematian Donnie. Gretchen dan Rose saling bertatapan, mereka merasa sudah pernah mengenal sebelumnya tapi tak mampu mengingat. (lpc/net)