Notification

×

Iklan

Iklan

Isyarat Sang Bocah: Kebakaran di Langkat 34 Rumah Tinggal Puing

Selasa, 30 Agustus 2022 | 11:39 WIB Last Updated 2022-08-30T04:39:53Z
Seorang korban kebakaran menatapi puing rumahnya yang ludes disapu si Jago Merah. (sumber: ins) 

ARN24/NEWS --
Sebanyak 34 rumah yang terdiri dari 136 jiwa di Desa Telaga Said, Dusun 3 Darat Hulu (Kampung Darussalam Matfah), Kecamatan Sei Lepan, Langkat, terbakar, Senin (29/8/2022) pukul 11.30 WIB. 

Kebakaran melanda 3 blok barak tersebut terletak di Dusun III Darat Hulu. Kapolsek Pangkalan Berandan, AKP Bram Chandra Sihombing, membenarkan peristiwa kebakaran tersebut. 

Katanya, api muncul diketahui pertama sekali oleh seorang anak yang melintas. Melihat api mulai membesar, anak tersebut berteriak sehingga mengundang warga. 

Husaini (55) warga RT III Darusalam dan Janifah (42) warga yang sama mendatangi si anak tersebut, dan melihat api sudah membubung tinggi membakar pemukiman warga. 

Warga pun mencoba memadamkan kobaran api dengan cara manual menyiram menggunakan ember. Namun dikarenakan api tersebut telah merambat ke barak blok yang lain maka warga kewalahan dan tidak dapat memadamkan kobaran api. 

Tidak berselang lama, dan meski pun warga bekerja keras untuk memadamkan kobaran api, tapi si jago merah tak jua bisa dipadamkan. 

Dalam peristiwa tersebut, tidak ada korban jiwa dikarenakan seluruh penghuni barak sedang bekerja di kebun kelapa sawit milik salah satu perusahaan. 

Ada pun jumah rumah berbentuk barak tersebut sebanyak  3 blok yakni blok D, lok E dan blok E, dalam barak tersebut terdapat  33 pintu tempat tinggal warga, dan semua barak tersebut terbakar rata dengan tanah, sedangkan jumah jiwa dari ketiga barak itu sebanyak 136 jiwa. Dengan kerugian materil Rp 900 juta. 

Berikut nama kepala keluarga penghuni barak yang rata dengan tanah akibat dilalap si jago merah, Ahmad Bukhori, Edi Ayahfrial, Abdul Hakim, Abdul Muin, Sumi, Ilhamuddin, Hendriadi, Priadi, Rafles Palefi, M.Syafii, Irwansyah, Ahmad Syofwan, Shali Arifin, Ali Sofyan Purba, Azmi Adlansyah. 

Kemudian, Samsul Bahri, Husaini, M. Darul Imsar, Baharuddin, Abdul Majid, Hendra Kesuma, Juandi, Edi Ridho Siagian, M. Reza Syahputra, M.Amin, Muhammad Arifin, Tamrin, Ruspan, Hatiah, Zainuddin, Abu Thalib, Muhtar dan Samsul Bahri, jelas Bram Chandra.

Hasil olah tempat kejadian yang dilakukan personel Polsek Pangkalan Berandan, bahwa penyebab kebakaran terjadi, dugaan sementara dari korsleting aliran arus pendek listrik.

Untuk meringankan beban warga yang mendapat musibah, Camat Sei Lepan, M Iqbal Ramadhan memberikan bantuan. (ins/edt)