Notification

×

Iklan

Iklan

3 Kali Seminggu, AirAsia Buka Rute Jakarta-Silangit Dorong Pariwisata Danau Toba

Sabtu, 03 September 2022 | 11:52 WIB Last Updated 2022-09-03T04:52:31Z

AirAsia (Foto: BBC World)


ARN24.NEWS
– Mendorong geliat pariwisata di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut), maskapai AirAsia resmi membuka rute penerbangan domestik Jakarta-Silangit. Untuk tahap awal, AirAsia akan melayani penerbangan Jakarta-Silangit tiga kali dalam seminggu setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

"Danau Toba sebagai destinasi super prioritas yang juga bagian dari UNESCO Global Geopark memiliki banyak sekali potensi yang menarik untuk ditawarkan kepada wisatawan baik lokal maupun internasional. Kami akan terus menstimulasi perjalanan udara di kawasan ini dengan menawarkan nilai harga terbaik," ungkap CEO Capital A Founder AirAsia Tony Fernandes melalui keterangan resminya dilansir detikSumut, Sabtu (3/8/2022).


Dia menyebut, rute ini menjadi salah satu rute prioritas AirAsia. Wisatawan yang terbang dari Jakarta dan hendak ke Danau Toba, tak perlu lagi transit ke Bandara Kualanamu. Dengan begitu, waktu tempuh lebih singkat dengan biaya yang relatif lebih rendah.


Rute ini hanya memerlukan waktu 2 jam Jakarta-Silangit. Pesawat yang digunakan adalah Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang dengan jatah bagasi gratis 20 kg dan jatah bagasi kabin 7 kg. Penerbangan ini mulai resmi beroperasi pada 2 September 2022.


Sebelumnya, rute Jakarta-Silangit dari Ai Asia ini sudah disebutkan Menparekraf Sandiaga Uno saat berkunjung ke Danau Toba, medio Juli lalu. Dia menyebut, dukungan maskapai sangat dibutuhkan untuk meningkatkan geliat wisata di destinasi superprioritas itu.


"Pembangunan destinasi superprioritas terus kita tingkatkan dengan terobosan seperti komitmen penerbangan langsung dari beberapa maskapai seperti AirAsia yang berkomitmen untuk menambah penerbangan ke Silangit dan juga dari beberapa maskapai menyampaikan akan menambah penerbangan," kata Sandiaga saat menghadiri W20 di Danau Toba, Hotel Niagara Parapat, 19 Juli 2022 lalu. (dpw/dts)