Notification

×

Iklan

Iklan

Sebentar Lagi, Nama Jalan Gagak Hitam Bakal Berubah Menjadi Jalan Ir. Soekarno

Minggu, 18 September 2022 | 23:40 WIB Last Updated 2022-09-18T16:40:30Z

Jalan Gagak Hitam/ Ring Road yang bakal dirubah namanya menjadi Jalan Ir. Soekarno Medan. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Ketua DPRD Medan, Hasyim, SE mengaku sangat sepakat untuk menyematkan nama Ir. Soekarno menjadi nama salah satu ruas jalan di inti Kota Medan, yakni menggantikan nama Jalan Gagak Hitam/Ring Road, Medan Sunggal.


“Fraksi PDI Perjuangan DPRD Medan tetap berkomitmen nama Ir Soerkarno disematkan mengganti Jalan Gagak Hitam/Ring Road karena area ruas jalan sangat panjang,” ujar Hasyim, Minggu (18/9/20222).


Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Medan itu menjelaskan, sejak tahun 2021, pihaknya telah menyuarakan perubahan Jalan Gagak Hitam/Ring Road menjadi Jalan Ir. Soekarno.


Terkait adanya usulan untuk menggantikan Jalan Balaikota, kata Hasyim, dinilai tidak pas karena jalannya pendek.


“Apa yang disampaikan rekan juang kami tidak pas menurut saya. Karena dari sejak awal atas nama Fraksi PDI Perjuangan DPRD Medan telah mengusulkan perubahan nama Jalan Ring Road hingga ke jalan persimpangan area Setia Budi saja karena selanjutnya sudah ada Jalan Ngumban Surbakti,” ucapnya.


Hasyim mengatakan Ir Soekarno sebagai nama satu ruas jalan di Kota Medan sudah pernah diusulkan Fraksi PDIP DPRD Medan kepada Pemko Medan pada 2016 dan 2017, yakni pada masa kepemimpinan Walikota T. Dzulmi Eldin.


“Di massa itu tidak dapat direalisasikan. Tapi kita tetap mengusulkan, dan pada massa kepemimpinan saudara Bobby Nasution sudah saya bicarakan dan sudah diberikan sinyal, hanya tinggal menunggu keputusan dari pusat,” kata Hasyim.


Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Medan, Robi Barus, mengatakan pihaknya tetap mengikuti apa yang telah diputuskan pimpinan partainya.


“Jika kata Ketua DPRD Medan kawasan Jalan Ring Road diubah menjadi Jalan Ir Soekarno, ya tetap kita dukung. Dan dapat diterima juga apa yang saya sampaikan Jalan Balaikota ruas jalannya terlalu pendek,” kata Robi.


Sedangkan Daniel Pinem, anggota Fraksi PDI Perjuangam DPRD Medan, mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah mengusulkan kawasan Jalan Balaikota, tapi Jalan Ring Road agar menjadi Jalan Ir. Soekarno.


“Dari awal saya sebagai pencetus awal agar kawasan Jalan Gagak Hitam/Jalan Ring Road diubah menjadi Jalan Ir Soerkarno, bukan Jalan Balaikota. Dan ini kita sampaikan pada tanggal 30 Mei 2021 dalam rapat paripurna mengenai perubahan dan revisi perubahan tanah Kota Medan,” kata Daniel Pinem. (sh)