Notification

×

Iklan

Iklan

Viral!!! Patung Sigale Gale Bergerak Sendiri Tanpa Ada yang Menggerakkan

Selasa, 27 September 2022 | 16:08 WIB Last Updated 2022-09-27T09:08:12Z
Ilustrasi

ARN24.NEWS --
Video patung sigale gale dari Pulau Samosir, Sumatra Utara (Sumut) bergerak sendiri viral di media sosial. Pengunggah video bahkan menyebutkan orang di sekitarnya tak ada yang menyadari hal tersebut. 

Video viral itu pertama kali diunggah akun TikTok adyjuniarsyah_18193. Tampak dalam video tersebut sejumlah orang sedang menari ditemani patung kayu yang diketahui disebut sigale gale.  Saat semua orang menari, tangan patung itu tiba-tiba bergerak. 

Dalam video itu juga dituliskan jika orang di sekeliling patung itu tak menyadari hal tersebut. " Semuanya gak ada yang menyadari tangan patung itu bergerak sendiri," tulis dalam video tersebut. 

Sejumlah netizen pun menyebutkan jika ada orang orang yang menggerakkan patung tersebut. Namun, sang pengunggah mengaku tidak mengetahui hal tersebut. "Itu ada yg memainkan diblekang loh. dibawah rumah itu pemain alat nya," tulis akun @br gllingg***

Komentar itu langsung dijawab sang pengunggah video. "Apa iya," kata ady_juniarsyah_18193. Perlu diketahui, sigale gale merupakan patung kayu yang digunakan dalam ritual penguburan mayat suku Batak di Pulau Samosir. 

Dijelaskan bahwa Suku Batak Toba memuliakan roh nenek moyang dan keturunan orang yang meninggal melakukan upacara pemakaman. Jika seseorang meninggal tanpa keturunan, Sigale gale kemudian dibuat sebagai penggantinya. (ins/nt)