Notification

×

Iklan

Iklan

7 Cara Mengatasi WiFi Tersambung tapi Tidak Ada Koneksi Internet

Minggu, 30 Oktober 2022 | 22:31 WIB Last Updated 2022-10-30T15:31:12Z

Ilustrasi. Cara mengatasi WiFi tersambung tapi tidak ada koneksi internet. (Foto: Istockphoto/ Daviles)

ARN24.NEWS
– Pengguna internet mungkin pernah mengalami kondisi WiFi tersambung tapi tidak ada internet, sehingga menghambat pekerjaan dan urusan lain yang harus dikerjakan secara online.


Namun tak perlu khawatir. Jika Anda mengalaminya, ada cara mengatasi WiFi tersambung tapi tidak ada internet untuk dicoba.


Perlu diketahui, kondisi WiFi terhubung tapi tidak ada internet ini tak hanya terjadi pada perangkat laptop atau PC, tetapi juga bisa pada perangkat lain, misalnya handphone (hp), tablet, maupun smart TV.


Penyebab WiFi terhubung tapi tidak ada internet di perangkat pun beragam. Mulai dari kesalahan pada sistem WiFi, sistem perangkat, dan lainnya.


Dihimpun dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi WiFi tersambung tapi tidak ada internet.


1. Coba perangkat lain

Saat WiFi terhubung tapi tidak ada internet di smart TV misalnya, cobalah hubungkan internet ke perangkat lain, seperti laptop. Jika WiFi terhubung di perangkat lain, artinya kesalahan ada di perangkat awal.


Dengan begitu, pengguna bisa menggunakan perangkat lain untuk mengakses internet. Cara lain, bisa dengan memuat ulang alias restart perangkat tersebut.


2. Restart perangkat

Cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada internet bisa dengan restart perangkat. Sebab, masalah WiFi terhubung tapi tidak ada internet bisa terjadi karena ada kesalahan di sistem perangkat yang digunakan.


Restart perangkat bisa memperbaharui operasional sistem dari awal agar tidak ada kesalahan. Caranya, matikan dulu sistem pengoperasian perangkat, lalu nyalakan kembali atau tekan tombol restart untuk memuat ulang secara otomatis.


3. Aktifkan airplane

Jika pengguna tidak mau melakukan restart, pengguna juga bisa mengaktifkan mode pesawat atau airplane sesaat. Hal ini akan membuat sambungan WiFi terputus dari modem ke perangkat.


Setelah itu, nonaktifkan mode airplane dan sambungkan lagi perangkat dengan WiFi. Hal ini bisa memberikan penyegaran koneksi internet dari WiFi ke hp.


4. Restart modem

Cara mengatasi WiFi tersambung tapi tidak ada internet selanjutnya bisa dengan mencoba restart modem WiFi. Pasalnya, kondisi WiFi tersambung tapi tidak ada internet ini bisa saja terjadi karena ada kesalahan di modem dalam menangkap sinyal internet.


Sama halnya seperti restart perangkat, restart modem juga bisa menyegarkan sistem operasional modem, sehingga bisa menangkap sinyal internet lebih baik. Dengan begitu, jaringan WiFi bisa tersambung.


5. Periksa pengaturan perangkat

Ilustrasi. Cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada internet dengan memeriksa izin akses (Foto: Dok. Death to The Stock Photo)

Jika berbagai cara belum juga berhasil, periksalah pengaturan perangkat. Tujuannya, untuk memastikan bahwa izin akses WiFi sudah terpasang.


Pengguna hp perlu memastikan izin penggunaan WiFi tersambung dan airplane nonaktif. Sementara untk pengguna laptop, pastikan driver ethernet sudah sesuai dan menggunakan versi terbaru atau sudah di-update.


6. Pasang ulang koneksi WiFi

Selain restart, pengguna juga bisa menonaktifkan sambungan internet WiFi dengan perangkat dengan fitur 'Forget WiFi'.


Caranya mudah, pengguna hanya perlu membuka bagian Pengaturan di hp, laptop, maupun smart TV. Lalu, buka bagian koneksi, lalu cari fitur 'Forget WiFi'.


Fitur ini bisa memberi penyegaran terhadap perangkat dari segala sumber WiFi yang pernah digunakan. Istilahnya seperti reset sambungan antara perangkat dengan sumber WiFi.


Nantinya jika WiFi dan perangkat sudah tidak terhubung, pengguna perlu menghubungkannya dari awal dengan memasukkan kata sandi alias password seperti pertama kali ingin menghubungkan perangkat dengan sumber WiFi.


7. Hubungi tim penyedia layanan internet

Cara mengatasi WiFi tersambung tapi tidak ada internet yang terakhir bisa dengan menghubungi tim penyedia layanan internet. Lalu, laporkan keluhan pengguna.


Nantinya, tim penyedia layanan internet yang akan menyelidikinya dan memperbaiki jika ada kerusakan di dalam sistem yang mengakibatkan internet tidak tersambung. (uli/fef)