Notification

×

Iklan

Iklan

AMPI Sumut Lepas Tim Penanggulangan Bencana Kirim Bantuan Gempa Taput

Senin, 03 Oktober 2022 | 21:31 WIB Last Updated 2022-10-03T14:31:00Z

Tim Bantuan Penanggulangan Bencana untuk korban gempa Tapanuli Utara yang dilepas Ketua DPD AMPI Sumut David Luther Lubis. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Ketua DPD AMPI Sumut, dr David Luther Lubis berangkatkan Tim Bantuan Penanggulangan Bencana untuk korban gempa Tapanuli Utara (Taput), Senin (3/10/20202) sore. Aksi cepat tanggap dilakukan guna mengurangi beban masyarakat Taput yang terdampak gempa bumi, Sabtu (1/10/2020) dinihari. 


Bantuan yang dikirimkan dari Kantor DPD AMPI Sumut di Jalan Palang Merah, berupa bahan pangan, minuman kesehatan dan uang tunai.


Usai melepas tim penanggulangan bencana, dr David Luther Lubis mengungkapkan, aksi cepat tanggap  DPD AMPI Sumut guna mengurangi penderitaan masyarakat Taput yang terdampak bencana gempa. 


“Semoga bantuan yang kita kirimkan dapat meringankan beban masyarakat yang menjadi korban terdampak gempa bumi di Tapanuli Utara," kata dr David Luther Lubis.


Ketua DPD AMPI Sumut itu juga menyampaikan doa dan harapan agar kondisi di Tapanuli Utara segera pulih, sehingga masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti semula.


“Semoga masyarakat di Tapanuli Utara dan sekitarnya, yang menjadi korban gempa bumi kemarin diberi kekuatan dan ketabahan. Bagi korban yang luka-luka, semoga segara pulih dan sehat,” ucapnya.


David Luther pun mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada mengenai kemungkinan gempa susulan.


Berdasarkan laporan sementara BPBD Taput, gempa tersebut mengakibatkan kerusakan sejumlah bangunan rumah, perkantoran, rumah sakit dan fasilitas umum lainnya.


Selain itu, dilaporkan jalan rusak dan amblas, pohon tumbang dan longsor. Pasar Sarulla di Pahae Jahe, Kabupaten Taput juga dilaporkan terbakar usai terjadinya gempa tersebut.


Satu orang warga juga dilaporkan meninggal dunia akibat gempa yang berpusat di darat 15 km Barat Laut Tapanuli Utara dengan kedalaman 10 km. (sh)