Notification

×

Iklan

Iklan

Perdana Digelar di Porprovsu, 135 Atlet Bersaing di Cabor Tarung Derajat

Senin, 31 Oktober 2022 | 19:07 WIB Last Updated 2022-10-31T12:08:48Z

Cabamg olahraga tarung derajat yang untuk perdana dipertandingkan di ajang Porprovsu. (Foto: Istimewa)


ARN24.NEWS – Cabang olahraga (cabor) Tarung Derajat memulai babak penyisihannya di Pekan Olahraga Provinsi Sumatra Utara Sumatera Utara (Porprovsu) 2022 di Gedung Serbaguna Sumekto Djajanegara Politeknik Pariwisata Medan, Senin (31/10/2022). Sebanyak 135 atlet dari 20 kabupaten/kota ikut bersaing.


Ini merupakan kali perdana tarung derajat dipertandingkan di Porprovsu. Antusiasme tinggi ditunjukkan para pengcab Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) se-Sumatra Utara.


Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis saat memberi pengarahan di pembukaan cabor tarung derajat ini. Sebagai persiapan menghadapi PON 2022, ia berharap tarung derajat bisa kembali menyumbang medali seperti di PON Papua.


"Akhirnya tarung derajat dipertandingkan di Porprovsu. Syarat untuk bisa dipertandingkan di porprov harus ada pengcab di separuh dari 3 kabupaten/kota dan Kodrat punya 20. Satu-satunya pengprov yang punya 20 pengcab. Berarti Pengprovnya betul-betulan nih. Tarung derajat Sumut ini bukan kaleng-kaleng. Dari PON Papua 2 atlet 2 final dapat emas dan perak. Di PON 2024 nanti saya yakin semua nomor bisa ke final," kata John.


Ketua Pengprov Kodrat Sumut, Tasimin mengatakan Porprovsu ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu para insan tarung derajat. Dia berharap para atlet menunjukkan kemampuan terbaiknya.


"Alhamdulillah Porprovsu ini menjadi impian insan tarung derajat di Sumut. Di Proprovsu perdana ini, kita juga berbagai macam konsolidasi ke 20 pengcab. Alhamdulillah semua mengirim," kata Tasimin. 


Porprovsu ini menjadi ajang seleksi untuk menghadapi PON ke depan. Pihaknya pun akan segera mempersiapkan diri usai gelaran Porprovsu ini.


"Kita di Kodrat ini juga sudah melakukan berbagai persiapan. Termasuk pusat latihan di Marelan, Kawah Derajat Sumatera Utara. Pusat untuk latihan atlet-atlet tarung derajat. Peraih medali emas jadi kandidat pelatda PON. Harus ada fakta integritas dari semua atlet, kita ingin mereka serius dan setelah ini kita pemusatan latihan," beber Tasimin.


Sementara itu Ketua Panpel cabor tarung derajat, Abdul Jamil mengatakan ada 17 nomor yang dipertandingkan baik tarung maupun seni gerak. 


"Ada 9 nomor tarung putra, 5 nomor tarung putri, satu seni gerak putra, satu seni gerak putri, dan satu seni gerak campuran. Harapan kita dari insan tarung derajat dengan ikut di Porprovsu pertama ini ke depannya kita bisa punya pengcab di seluruh kabupaten/kota," kata Jamil.


Dua atlet peraih medali di PON Papua, Farhan Attamamil Arda akan turut bertanding memperkuat kontingen Medan. Sementara Rizky Firdaus memperkuat Tebing Tinggi. (sh)