Notification

×

Iklan

Iklan

Tanah Longsor hingga Kebakaran Terjadi Akibat Gempa M 6,0 di Taput

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 10:18 WIB Last Updated 2022-10-01T03:18:10Z

Selain kerusakan, gempa yang terjadi di Tapanuli Utara membuat sejumlah bangunan rumah terbakar. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Gempa bermagnitudo 6,0 mengguncang Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut). Sejumlah rumah dilaporkan rusak dan terbakar serta tanah longsor akibat gempa itu.


"Ada fasilitas umum, rumah ibadah, sekolah, rumah penduduk. Jalan ada yang longsor, ini mau menurunkan alat berat," kata Sekretaris BPBD Taput, Jonner Simanjuntak, Sabtu (1/10/2022).


Jonner tidak menjelaskan secara pasti lokasi tanah longsor yang terjadi akibat gempa. Sementara untuk bangunan yang rusak, Jonner mengatakan masih dalam pendataan.


Dua daerah yang terdampak cukup parah, kata dia, adalah Tarutung dan Parmonangan. Banyak rumah dan fasilitas umum di sana rusak akibat gempa.


"Paling parah di Tarutung, Parmonangan," sebutnya.


Selain tanah longsor, Jonner mengatakan gempa juga mengakibatkan kebakaran. Diduga terjadi korsleting listrik akibat gempa hingga terjadinya kebakaran.


"Di Kecamatan Pahae Jaya, Desa Sarulla, ada 19 rumah. Akibat gempa ini juga, diduga akibat korsleting listrik," tuturnya.


Sebelumnya diberitakan, gempa beberapa kali mengguncang Taput dini hari tadi. Gempa terkuat yaitu bermagnitudo 6 pada pukul 02.28 WIB tadi.


"Gempa Mag:6,0. Pusat gempa berada di darat 15 Km Barat Laut Tapanuli Utara," demikian tertulis dalam akun Twitter BMKG.


Akibat gempa ini juga satu orang meninggal dunia karena serangan jantung. Selain itu ada sejumlah warga yang mengalami luka-luka. (dpw/dts)