Notification

×

Iklan

Iklan

Profil Timnas Senegal: Mane Is Perfect Piala Dunia 2022

Jumat, 18 November 2022 | 10:56 WIB Last Updated 2022-11-18T03:56:09Z

ARN24.NEWS --
Timnas Senegal bisa menjadi kuda hitam di Piala Dunia 2022. Sebab, dari 26 pemain yang dibawa pelatih Aliou Cisse, semua bermain di kompetisi Eropa. Jadi, mereka punya kualitas yang tidak diragukan lagi.

Prestasi terbaik Timnas Senegal di Piala Dunia tersaji pada edisi 2002 di Korea Selatan dan Jepang. Singa dari Teranga, julukan Senegal, mereka melaju hingga perempat final.

Peluang mereka lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 juga terbuka lebar saat masuk di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Ekuador, dan Belanda. Tim Oranye mungkin jadi satu-satunya lawan yang berat bagi Sadio Mane Cs.

Namun dengan melihat kualitas materi mereka saat ini, Senegal bisa saja mengimbangi bahkan mempermalukan Belanda. Kualitas mumpuni dengan bermaterikan pemain-pemain yang berlaga di liga top Eropa bisa menjadi modal mereka untuk berbicara banyak di Qatar.

Di Piala Dunia 2022, Senegal ingin menjadi tim pertama Afrika yang melenggang ke semifinal bahkan final. Untuk lebih jauh melihat kualitas Timnas Senegal, simak daftar pemain, hingga bintang yang mereka miliki.

Pemain Bintang: Sadio Mane

Liverpool mungkin membuat blunder fatal saat melepas Sadio Mane ke Bayern Munchen awal musim ini. Pemain berusia 30 tahun itu bisa dibilang setara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo jika kriterianya perannya untuk tim. Mane merupakan tulang punggung vital di skuad Les Lions de la Teranga.

Koleksi gelar Mane juga mengesankan. Mane mengemas titel juara Liga Austria, Premier League, hingga Liga Champions. Bersama negaranya, Mane juga mempersembahkan gelar Piala Afrika 2021, yang berlangsung pada 2022.

Striker bertinggi badan 1,74 meter itu juga menjadi senjata andalan Senegal di Piala Dunia 2022. Saat ini, Mane mencatatkan 91 caps dan mencetak 33 gol bagi Senegal.

Sadio Mane sempat cedera sebelum namanya muncul dalam daftar 26 pemain Senegal untuk Piala Dunia 2022. Bayern Munchen pesimis Mane bisa bermain di Qatar. Akan tetapi, Senegal disebut memakai jasa dukun agar Mane sembuh dan bisa dibawa ke Piala Dunia 2022.

Pelatih: Aliou Cisse 

Aliou Cisse mempersembahkan gelar bergengsi bagi Senegal setelah anak asuhnya menjadi kampiun Piala Afrika atau AFCON 2021 yang berlangsung pada 2022. Dia hampir saja memenangkan gelar ini sebagai pemain, andaikan tendangan penaltinya tidak gagal saat menghadapi Kamerun di semifinal.

Sebelum menjadi pelatih hebat Senegal, Cisse merupakan legenda bagi Singa dari Teranga. Dia kapten Senegal di Piala Dunia 2002, yang berhasil melaju hingga perempat final.

Saat didapuk menjadi pelatih pada 2015, Cisse mengantar Senegal ke final Piala Dunia 2019, tetapi kalah 0-1 dari Aljazair. Kini, Cisse berpeluang melambungkan Timnas Senegal di Piala Dunia 2022.

Daftar Pemain: 

Kiper: Edouard Mendy, Alfred Gomis, Seny Diang (Bek): Kalidou Koulibaly, Pape Abou Cisse, Abdou Diallo, Fode Ballo Toure, Youssouf Sabaly, Ismail Jakobs, Formose Mendy.

Gelandang: Pape Matar Sarr, Pape Gueye, Nampalys Mendy, Idrissa Gana Gueye, Nama Moustapha, Loum Ndiaye, Cheikhou Kouyate, Krepin Diatta, Pathe Ciss

Depan: Sadio Mane, Ismaila Sarr, Bamba Dieng, Boulaye Dia, Famara Diedhiou, Ilman Ndiaye, Nicolas Jackson. (bln/nt)