Notification

×

Iklan

Iklan

Ternyata Ini Motif Suami Mutilasi Istri di Dolok Sanggul

Minggu, 13 November 2022 | 17:37 WIB Last Updated 2022-11-13T10:37:13Z

Pelaku mutilasi dan bakar istri di Humbahas, Sumut. (Foto: Dokumen Polres Humbahas)

ARN24.NEWS
– Seorang pria di Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara tega memutilasi dan membakar istrinya sendiri. Pelaku diduga tega membunuh istrinya karena tak terima disebut orang gila oleh korban.


Camat Dolok Sanggul Eliapzan Sihotang mengatakan, pihaknya telah mendapatkan informasi terkait peristiwa pembunuhan itu. Berdasarkan informasi yang dihimpunnya, pelaku HM pernah dirawat karena gangguan jiwa.


"Pelaku itu ODGJ (orang dalam gangguan jiwa). Sepuluh tahun yang lalu bahkan sudah kartu merah dia. Artinya diberikan perawatan penuh. Bahkan itu sebelum mereka menikah," kata Eliapzan dilansir detikSumut, Sabtu (12/11/2022).


"Jadi setelah berobat, pelaku sempat pulih," tambahnya.


Dia menjelaskan, sebelum peristiwa pembunuhan terjadi, HM sempat mengatakan kepada istrinya, NS, bahwa dia ingin menikah lagi. Permintaan itu diajukannya karena mereka belum memiliki anak, meski mereka sudah mengadopsi anak.


Suatu waktu, HM mempertemukan NS dengan calon istri keduanya. Saat itulah NS mengatakan bahwa HM adalah ODGJ.


"Jangan mau kawin sama dia. Orang gila itu," ucap camat menirukan perkataan NS ke calon istri kedua HM.


Diduga karena perkataan korban seperti itu, HM lalu merencanakan pembunuhan terhadap istrinya. Dari keterangan yang diperoleh dari abang NS, korban sebelumnya dihantam pakai benda tumpul pada Jumat (11/11/2022) malam sampai tewas.


"Setelah itu, NS dimutilasi. Sempat abang NS ini merasa aneh kenapa HM kampak kayu malam-malam. Barulah tadi dia sadar rupanya sedang memutilasi," ujarnya.


Saat ditemukan, kepala dan tangan korban sudah terpisah. Jasad korban yang sudah mutilasi dimasukkan pelaku ke dalam karung, lalu dibakar.


Aksi pembunuhan sadis ini membuat warga sekitar heboh. HM pun ditangkap tanpa perlawanan.


Pihak kepolisian yang mendapat laporan itu langsung menuju ke TKP. Korban ditemukan tewas mengenaskan, dengan kondisi kepala terputus dan hangus terbakar.


"Setelah cek TKP ditemukan korban dalam keadaan meninggal dunia. Kepala dan tangan terpisah dengan tubuh," kata Kapolres Humbahas AKBP Achmad Muhaimin.


Jasad korban lantas dibawa ke RS Dolok Sanggul untuk divisum. Polisi juga sudah meminta keterangan dari sejumlah saksi, termasuk saksi kunci yang pertama kali mengetahui peristiwa itu.


Sejumlah barang bukti juga dibawa dari lokasi kejadian, antara lain kapak, belati, celurit, pemantik korek api, sarung, ponsel dan pakaian korban bekas terbakar. Polisi juga masih mendalami kasus ini. 


"Terkait motif masih kami dalami," sebutnya. (dts)