Notification

×

Iklan

Iklan

Hasil AFF: Kemenangan Kontroversi Vietnam Kontra Malaysia

Rabu, 28 Desember 2022 | 12:24 WIB Last Updated 2022-12-28T05:24:36Z

ARN24.NEWS --
Duel Vietnam vs Malaysia di matchday 3 Grup B Piala AFF 2022 diselingi oleh keputusan wasit yang dianggap kontroversial. Laga antara Vietnam lawan Malaysia ini berlangsung dengan intens dan keras. Sejumlah pelanggaran terjadi.

Alhasil wasit memberikan dua kartu merah. Satu untuk pemain Vietnam yakni Nguyen Van Toan dan satu lagi untuk pemain Malaysia Azam Azmi. Dari dua kartu merah itu, banyak pihak yang menyoroti kartu merah Azmi plus hadiah penalti yang diberikan wasit pada Vietnam.

Ketika laga berjalan sekitar satu jam, ada pelanggaran terjadi di luar lapangan. Tepatnya di area belakang gawang Malaysia. Saat itu Doan Van Hau melabrak Azam Azmi sampai terjatuh keluar lapangan. 

Dalam prosesnya ternyata wasit menilai ada pelanggara yang dilakukan Azmi pada Van Doan. Ia dianggap melakukan tendangan pada wajah bek Vietnam tersebut. Wasit Ryuji Sato kemudian memberikan kartu merah pada Azmi. Namun wasit tak berhenti sampai di situ. Ia juga memberikan hadiah penalti kepada Vietnam.

Keputusan wasit Ryuji Sato itu sempat dipertanyakan skuad Malaysia. Netizen pun juga ikut heran. Mereka bertanya-tanya mengapa pelanggaran yang tejadi di luar lapangan justru bisa diganjar hukuman penalti. Ternyata dari aturan yang dikeluarkan oleh International Football Association Board (IFAB) alias Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional, pelanggaran itu memang bisa diganjar penalti.

Peraturan itu tertera pada pasal 14 FIFA. "Tendangan penalti diberikan jika seorang pemain melakukan pelanggaran tendangan bebas langsung di dalam area penalti mereka atau di luar lapangan sebagai bagian dari permainan sebagaimana diuraikan dalam Hukum 12 dan 13. Gol dapat dicetak langsung dari tendangan penalti."

Pada akhirnya kedua tim bermain dengan 10 pemain tersisa di lapangan. Vietnam akhirnya keluar sebagai pemenang. Mereka menang telak 3-0 atas Malaysia. Gol-gol Vietnam dihasilkan oleh Nguyen Tien Linh, Que Ngoc Hai, dan Nguyen Hoang Duc. Kemenangan itu membuat Vietnam jadi pemuncak klasemen Grup B. Sementara itu Malaysia ada di posisi runner-up. (bln/nt)