Notification

×

Iklan

Iklan

Kapolri Minta Maaf ke Masyarakat, Singgung Sambo Hingga Kanjuruhan

Sabtu, 31 Desember 2022 | 21:49 WIB Last Updated 2022-12-31T14:49:04Z

Kapolri Listyo Sigit Prabowo. (ANTARA FOTO/FAJAR ALI)


ARN24.NEWS – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta maaf kepada masyarakat sambil menyinggung kasus-kasus besar yang melibatkan anggota Korps Bhayangkara.


Ia pun menyebutkan tiga kasus yang menarik perhatian publik, yakni kasus Ferdy Sambo (FS), Tragedi Kanjuruhan, dan kasus narkoba perwira tinggi Polri.


"Kepala Kepolisian Republik Indonesia mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia terhadap kinerja dan prilaku serta perkataan," kata Listyo dalam Rilis Akhir Tahun Polri di Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (31/12/2022).


"Beberapa kasus yang menonjol tentunya jadi perhatian masyarakat, kasus FS atau penembakan Duren Tiga, kasus Kanjuruhan, dan kasus narkoba yang melibatkan petinggi Polri, ini tentunya salah satu peristiwa yang membuat pukulan bagi institusi kami," timpalnya.


Listyo menerangkan kasus dugaan pembunuhan terhadap Brigadir J yang melibatkan eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo kini telah memasuki proses persidangan.


"Oleh karena itu saat ini kami, terus mengusut tuntas, teman-teman juga mengikuti bahwa peristiwa Duren Tiga saat ini semuany sudah masuk ke persidangan," tutur dia.


Kasus narkotika yang melibatkan eks Kapolda Sumatera Barat Teddy Minahasa telah ditetapkan sebanyak 10 orang tersangka yang enam diantaranya merupakan anggota Polri.


Sementara soal Kanjuruhan, tutur Listyo, Polri kini telah menetapkan 6 orang sebagai tersangka dan berkas lima tersangka sudah dilimpahkan ke JPU telah P21 sementara satu tersangka masih dalam proses pemenuhan berkas.


Alumni Akademi Kepolisian Angkatan 1991 itu pun berkomitmen Polri tidak akan pandang bulu menindak tegas anggotanya yang terlibat kasus.


"Siapapun, apapun pangkatnya, apabila terlibat, kita proses tegas, ini bagian komitmen kami terkait pemberantasan narkoba dan kasus-kasus lain," tandas dia. (nfl)