Notification

×

Iklan

Iklan

Prediksi AFF, Brunei D VS Indonesia: Menang Mudah....(LIVE RCTI SENIN SORE PUKUL 17.00 WIB)

Senin, 26 Desember 2022 | 11:46 WIB Last Updated 2022-12-26T04:46:46Z

ARN24.NEWS --
Timnas Indonesia menghadapi Timnas Brunei Darussalam di Grup A Piala AFF 2022, Senin (26/12/2022) pukul 17.00 WIB. Ada pun duel tersebut akan dihelat di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia. Laga berat menanti Brunei pada pertandingan ketiga kontra Indonesia. Hal ini terjadi lantaran dua laga sebelumya, Brunei menjadi bulan-bulanan gol tim lawan. 

Total Tim Tawon telah kebobolan setengah kodi (sepuluh) gol dari Thailand dan Filipina. Sejauh ini, Brunei baru menciptakan 1 gol dan terpuruk di dasar klasemen Grup A. Sebaliknya, Indonesia percaya diri menatap laga kontra Brunei. Timnas Garuda sebelumnya telah mencatatkan kemenangan di pertandingan pembuka kontra Kamboja. 

Dalam laga yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), skuad asuhan Shin Tae-yong menang tipis 2-1. Indonesia pun kini dituntut untuk melanjutkan tren positif. Tidak hanya sekadar menang, tetapi Indonesia juga mesti mencetak banyak gol demi memuluskan langkah lolos dari Grup A. Tim Garuda saat ini menempati peringkat 3 dengan torehan poin sama dari Thailand dan Filipina. 

Brunei sejauh ini menunjukkan performa kurang baik dan dianggap sebagai tim terlemah, namun sebenarnya hadirnya Brunei di Grup A bisa saja menjadi pembeda. Salah satu alasannya ialah terkait perhitungan poin di Piala AFF 2022. Jika nantinya terdapat lebih dari dua tim yang memiliki poin sama, maka kriteria pertama untuk menentukan tiket lolos ialah melalui jumlah selisih gol. 

Nah hal ini bisa ditilik dari klasemen Grup A. Terdapat 3 tim (Thailand, Filipina, dan Indonesia) yang memperoleh poin sama, 3. Dua tim teratas Grup A, Thailand dan Filipina mengungguli Indonesia lewat selisih gol. Kedua tim itu memiliki kesamaan, yakni sama-sama mencetak 5 gol atas Brunei yang membawa mereka unggul selisih gol atas Indonesia. 

Indonesia pun kini dituntut untuk memanfaatkan laga kontra Brunei untuk mengoleksi gol sebanyak-banyaknya, demi membuka peluang lolos selebar-lebarnya, termasuk melalui kemungkinan perhitungan selisih gol. Menilik laga sebelumnya, misi tersebut mesti dilakukan setelah Indonesia menyelesaikan sejumlah PR usai menang 2-1 atas Kamboja. 

Salah satu masalahnya adalah penyelesaian di lini depan. Meski mengamankan poin, tetapi Indonesia sebenarnya berpotensi mencetak banyak gol. Beberapa kali peluang emas, termasuk one-on-one dari Egy Maulana Vikri hingga Witan Sulaeman gagal berbuah gol. Ketidakpuasaan performa Timnas juga diakui Shin Tae-yong. 

“Saya marah karena pemain tidak bisa menunjukan permainan yang seru kepada suporter. Kami pun seharusnya dapat mencetak gol lebih banyak,” terang Shin kepada awak media usai laga kontra Kamboja, Jumat kemarin. 

Dalam laga sebelumnya, Indonesia menciptakan 19 tembakan dan 8 shot on target. Ketenangan dalam pertandingan menjadi masalah yang harus segera dituntaskan Tim Garuda. Selain itu, Shin menyoroti masalah fisik yang belum seratus persen siap. Apalagi Indonesia tak menggelar laga uji coba jelang turnamen, ditambah dengan mayoritas pemain dari Liga 1 nyaris tak bertanding sejak Oktober silam. 

Terakhir kali Timnas Indonesia bertanding pada ujicoba September lalu. Shin menegaskan akan memperbaiki kondisi itu jelang melawan Brunei. “Pemain kami ada yang belum berlaga sejak dua sampai sampai empat bulan setelah laga menghadapi Curacao,” ungkap Shin. “Saya yakin ke depan akan lebih baik,” tambahnya. 

Sementara situasi lebih berat mesti dihadapi Brunei. Sejauh ini mereka belum mampu memberikan perlawanan ketat. Kendati demikian, Brunei perlahan menunjukkan sedikit perkembangan di laga kedua dengan mampu mencetak 1 gol dari 7 kali tembakan (1 shot on target). Sebelumnya, di laga pembuka kontra Thailand, Brunei hanya mampu melesatkan 2 kali tembakan dan keduanya on target. 

Dari kesempatan itu, tak satu pun berbuah gol. Di saat yang sama, tim lawan Indonesia siap kembali menunjukkan performa terbaik.

Catatan ARN24.NEWS 
 
Timnas Indonesia baru memainkan satu pertandingan di Grup A. Anak-anak asuh Shin Tae-yong mengalahkan Kamboja 2-1 di SUGBK, Jakarta. Gol-gol Skuad Garuda dicetak oleh Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman. Di lain pihak, Brunei telah memainkan dua laga. Hasilnya menyesakkan bagi mereka. Brunei berturut-turut dihajar Thailand 0-5 dan dihantam Filipina 1-5.

Menilik 5 pertemuan terakhir, Indonesia unggul atas Brunei dengan 4 kemenangan dan satu kekalahan. Sementara, kemenangan terakhir Indonesia direngkuh atas Brunei pada 2017 di Tsunami Cup yang digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi. 

Indonesia saat itu menekuk Brunei dengan skor, 4-0. Gol Indonesia disumbang; Hansamu Yama, Septian David, Fachruddin Aryanto, dan Yabes Roni. Brunei berpeluang memainkan pertandingan dengan formasi 4-4-2. Lini belakang bisa saja kembali dipercayakan untuk Wafi Aminuddin dan Yura Indera Putera. 

Sementara, pencetak gol Ramizie Ramli berpeluang berduet dengan Ali Rahman di lini penyerangan. Sebaliknya, Indonesia berpeluang menurunkan formasi 4-2-3-1. Dominasi permainan akan berusaha ditunjukkan anak-anak Garuda. Pilihan pemain Shin menjadi hal menarik dalam laga nanti. Ia bisa saja menggunakan laga kontra Brunei untuk menemukan ritme permainan, atau sebaliknya melakukan banyak rotasi.

Brunei selalu kebobolan 5 gol di tiap laga dalam 2 laga yang sudah mereka mainkan di Grup A Piala AFF 2022. Dalam 2 laga itu, Brunei juga selalu kalah. Brunei selalu kalah dalam tiga laga terakhir mereka. Sementara itu, Timnas Indonesia selalu menang dalam 4 laga terakhirnya.

Timnas Indonesia selalu menang dengan margin minimal 3 gol dalam 3 pertemuan terakhir dengan Brunei. Dalam 3 pertemuan terakhir itu, Timnas Indonesia juga selalu clean sheet, alias tidak kebobolan.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN: 
Brunei Darussalam (4-4-2): H Nyaring; A Sisa, W Aminuddin, Y Yunos, F Hassan; H Said, A Ali, N Othman, A Salleh; A Said, A Ali Rahman. (Pelatih: Mario Rivera) 

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Pratama Arhan, Jordi Amat, Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam; Marc Klok, Marselino Ferdinan; Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Ricky Kambuaya; M Rafli. (Pelatih: Shin Tae-yong) 

5 PERTEMUAN TERAKHIR: 
26/09/2012 Brunei 0-5 Indonesia
09/08/1999 Brunei 0-3 Indonesia
12/03/1990 Brunei 0-3 Indonesia
04/03/1990 Brunei 1-0 Indonesia
21/08/1989 Indonesia 6-0 Brunei.

5 PERTANDINGAN TERAKHIR BRUNAI DARUSSALAM: 
27/09/22 Brunei 1-0 Laos (Friendly)
05/11/22 Brunei 6-2 Timor Leste (Playoff Piala AFF)
08/11/22 Timor Leste 1-0 Brunei (Playoff Piala AFF)
20/12/22 Brunei 0-5 Thailand (Piala AFF)
23/12/22 Filipina 5-1 Brunei (Piala AFF).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR INDONESIA: 
12/06/22 Indonesia 0-1 Yordania (Kualifikasi Piala Asia)
15/06/22 Indonesia 7-0 Nepal (Kualifikasi Piala Asia)
24/09/22 Indonesia 3-2 Curacao (Friendly)
27/09/22 Indonesia 2-1 Curacao (Friendly)
23/12/22 Indonesia 2-1 Kamboja (Piala AFF).

STATISTIK: 
BRUNAI Menang: 10%
Imbang: 10%
INDONESIA Menang: 80%
SKOR: 0 - 5 (4 1/2 : 0). (nt/sumber)