Notification

×

Iklan

Iklan

Prediksi EPL, Palace VS MU: Aura Positif (LIVE SCTV KAMIS DINI HARI PUKUL 03.00 WIB)

Rabu, 18 Januari 2023 | 12:46 WIB Last Updated 2023-01-18T05:46:08Z

ARN24.NEWS --
Manchester United menghadapi Crystal Palace di Selhurst Park pada laga tunda Premier League 2022/2023, Kamis (19/1/2023) pukul 03.00 WIB. Manchester United masih berada dalam tren positif setelah meraih 9 kemenangan secara beruntun di semua kompetisi. Semua kemenangan itu diaraih oleh MU selepas kalah dari Aston Villa di awal November 2022. 

Konsistensi yang ditunjukkan The Red Devils membawa mereka bersaing di papan atas Liga Inggris 2022/2023. Man United kini berada di posisi 4 mengoleksi 38 poin dari 18 laga. MU cuma terpaut 1 angka dari Manchester City di posisi kedua, tetapi masih tertinggal 9 poin dari pemuncak klasemen EPL, Arsenal. 

Laga kontra Crystal Palace menjadi kesempatan Rashford dan kawan-kawan untuk tetap pada jalur perebutan juara, mengingat pekan depan MU ditantang Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris. Peluang menang bagi MU terbuka karena Crystal Palace belum menemukan konsistensi. Dalama 5 laga terakhir di semua ajang, Palace menelan 4 kekalahan, termasuk tersingkir dari Piala FA usai ditundukkan oleh Southampton. 

Terbaru, Crystal Palace kalah dari Chelsea, 1-0. Selain itu, jadwal laga yang berat menanti Crystal Palace selama Januari ini. Setelah menghadapi Man United, mereka harus bertemu Newcastle yang juga sedang menanjak performanya. Namun, karena 2 laga tersebut dimainkan di kandang, Crystal Palace tetap berpeluang mencuri poin. Prediksi Crystal Palace vs Man Utd EPL 2023 Man United sedang mengalami dalam masa on fire di Liga Inggris. 

Kesolidan tim MU menjadi kunci peningkatan performa Setan Merah yang sempat merosot di awal musim. Hal itu terihat i laga terakhir MU, yakni saat melawan Man City. Di laga tersebut, Man United hanya memegang 29 persen penguasaan bola. Namun, permainan solid MU memaksa City melepaskan 5 tembakan saja, dan hanya 1 on target. Sebaliknya, MU justru mampu melesakkan 8 tembakan dan 4 on target. 

Hanya saja, konsistensi MU setelah memenangkan 9 laga beruntun kini diuji oleh padatnya jadwal. Setelah menghadapi Palace, MU harus melakoni laga berat kontra Arsenal. Selain itu, agenda lain yang tidak kalah penting ialah laga semifinal Piala Liga menghadapi Nottingham Forest, dan babak lanjutan Piala FA melawan Reading. Secara total, MU akan menjalani 4 laga dalam 10 hari mendatang (8 pertandingan selama Januari 2023). 

Rotasi tentu perlu dilakukan sang pelatih, Erik ten Hag untuk menjaga kebugaran pemain, seperti yang sudah ia terapkan dalam beberapa pertandingan terakhir. Namun, MU nampaknya belum bisa terlepas dari Marcus Rashford, pemain yang kini dalam kondisi terbaiknya. Rashford mencetak gol dalam 7 pertandingan beruntun bersama MU. Tak berlebihan, peforma apik MU juga disokong oleh penampilan impresif Rashford. Rashford bahkan tak jarang menjadi sosok penentu kemenangan, termasuk di laga terakhir kontra Man City. 

Rashford juga mencetak 2 gol usai turun dari bangku cadangan, saat MU menundukkan Charlton Athletic 3-0 di babak 8 besar Piala Liga. Rashford pun menjadi penentu kemenangan, saat MU nyaris ditahan imbang Wolves. Rashford saat itu muncul dari bangku cadangan dan menjadi "messiah" bagi kemenangan MU. Kini di tengah jadwal padat, MU mesti berharap pada sosok-sosok lainnya saat menghadapi Palace, seperti Garnacho atau Antony. 

Terlebih, Rashford dikabarkan mengalami cedera saat melawan City, meski tidak parah. MU baru saja memperkuat lini depan mereka dengan mendatangkan Wout Weghorst, pemain yang musim ini sempat membela Burnley dan baru mencetak 2 gol dari 20 laga. Terlepas dari keraguan yang muncul, pemain Belanda yang menyita perhatian di Piala Dunia 2022 itu menjadi bagian dari proyeksi khusus Erik ten Hag. 

Sang pelatih menegaskan skuad MU telah bersiap menghadapi Crystal Palace selepas kemenangan penting 2-1 atas Man City. Ten Hag menegaskan timnya tak memiliki waktu lama buat merayakan kemenangan tersebut. "Kami memikirkan Crystal Palace dan pertandingan berikutnya. Kami harus merayakannya selama 24 jam dan kemudian kami pergi ke Palace dan kami harus bersiap, tim harus mempersiapkan diri dan mendapatkan energi dan waktu (persiapan) yang cukup," ujar ten Hag selepas duel City vs MU sepeti dilansir laman resmi Manchester United. “Ini semua tentang Fokus. Kami harus berlatih. Aku harus mempersiapkan tim untuk pertempuran selanjutnya," sambungnya.

Catatan MEDANSPORT.ID 

Skuad MU saat ini diselimuti kepercayaan diri yang sangat tinggi. Pasalnya, anak-anak asuh Erik ten Hag baru saja sukses memenangi derby kontra Manchester City. MU mengalahkan sang rival sekota dengan skor 2-1 di Old Trafford. Sempat tertinggal oleh gol Jack Grealish, MU berbalik menang lewat gol-gol Bruno Fernandes dan Marcus Rashford.

Dibandingkan MU, performa Palace cukup kontras. Dalam dua laga terakhir di Premier League, Palace selalu kalah tanpa sekali pun mencetak gol ke gawang lawan-lawannya. Man United kemungkinan akan menepikan Athony Martial yang sempat ditarik keluar di laga kontra Man City, lantaran mengalami sedikit masalah. Posisi ujung tombak bisa saja dipercayakan untuk Rashford atau langsung memberi kesempatan debut bagi Wout Weghorst. 

Lini tengah MU akan kembali dikawal Fred dan Casemiro yang di laga sebelumnya berperan apik dalam skema permainan Erik ten Hag. Sementara itu, Crystal Palace tak terlalu memiliki masalah soal kebugaran pemain. Mereka akan kembali mengandalkan Wilfried Zaha, top skor tim yang sudah mengoleksi 6 gol di Liga Inggris.

Data skor head to head (H2H) Crystal Palace vs Man United menunjukkan kedua tim relatif imbang dalam beberapa pertandingan terakhir. Crystal Palace maupun Man United sama-sama meraih 2 kemenangan dalam 5 pertemuan terakhir kedua tim. Terakhir kali Crystal Palace vs MU bertemu di laga uji coba pada awal musim ini. 

Dalam pertandingan persahabatan itu, Man United unggul 3-1 atas Crystal Palace. Namun di pertemuan terakhir kedua tim di kompetisi resmi, Crystal Palace menekuk MU dengan skor 1-0 saat bermain di Selhurst Park Stadium musim lalu. Satu-satunya gol Crystal Palace saat itu dicetak oleh Wilfried Zaha.
Palace baru menang 6 kali dan sudah kalah 8 kali di Premier League musim ini. 

Tak ada hasil seri dalam 9 laga terakhir Palace di Premier League. Palace gagal mencetak gol dalam 4 dari 5 laga terakhirnya di Premier League. Palace selalu kalah tanpa bisa mencetak gol dalam 2 laga kandang terakhirnya di Premier League: 0-3 vs Fulham, 0-4 vs Tottenham.

MU sudah menang 12 kali di Premier League musim ini. MU selalu menang dalam 5 laga terakhirnya di Premier League. MU selalu mencetak minimal 2 gol dalam 4 dari 5 laga terakhirnya di Premier League. MU mencatatkan 3 clean sheet dan cuma kebobolan total 1 gol dalam 4 laga terakhirnya di Premier League. MU mencatatkan 2 clean sheet dalam 3 laga tandang terakhirnya melawan Palace di Premier League.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN: 
Crystal Palace (4-2-3-1): Guaita: Mitchell, Guehi, Tomkins, Clyne; Schlupp, Doucoure; Eze, Olise, Ayew; Zaha. (Pelatih: Patrick Vieira) 

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Shaw, Martinez, Varane, Wan-Bissaka; Fred, Casemiro; Fernandes, Eriksen, Antony; Rashford. (Pelatih: Erik ten Hag) 

HEAD TO HEAD:
Crystal Palace menang: 3
Seri: 5
Manchester United menang: 18.

5 PERTEMUAN TERAKHIR: 
22-05-2022 Palace 1-0 MU (EPL)
05-12-2021 MU 1-0 Palace (EPL)
04-03-2021 Palace 0-0 MU (EPL)
19-09-2020 MU 1-3 Palace (EPL)
17-07-2020 Palace 0-2 MU (EPL).

5 LAGA TERAKHIR CRYSTAL PALACE: 
26-12-22 Palace 0-3 Fulham (EPL)
31-12-22 Bournemouth 0-2 Palace (EPL)
05-01-23 Palace 0-4 Tottenham (EPL)
07-01-23 Palace 1-2 Southampton (FA Cup)
15-01-23 Chelsea 1-0 Palace (EPL).

5 LAGA TERAKHIR MU: 
31-12-22 Wolverhampton 0-1 MU (EPL)
04-01-23 MU 3-0 Bournemouth(EPL)
07-01-23 MU 3-1 Everton (FA Cup)
11-01-23 MU 3-0 Charlton (EFL Cup)
14-01-23 MU 2-1 City (EPL).

STATISTIK: 
PALACE Menang: 20%
Imbang: 24%
MU Menang: 45%
SKOR: 0 - 1 (3/4 : 0). (nt/sumber)