Notification

×

Iklan

Iklan

10 PKD se-Kecamatan Sijamapolang Humbahas Resmi Dilantik

Selasa, 07 Februari 2023 | 21:40 WIB Last Updated 2023-02-07T14:40:37Z

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sijamapolang melantik dan mengambil sumpah kepada 10 PKD. (Istimewa)

ARN24.NEWS
– Setelah menetapkan 10 orang sebagai Pengawas Kelurahan atau Desa (PKD) se-Kecamatan Sijamapolang, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada tahun 2024 mendatang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sijamapolang melantik dan mengambil sumpah kepada 10 PKD yang terpilih.


Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut digelar di Aula HKBP Bonandolok, Kecamatan Sijamapolang, Kabupaten Humbahas, Senin (6/2/2023).


Sebelum melantik dan mengambil sumpah kepada 10 PKD, Ketua Panwaslu Kecamatan Sijamapolang Leo Hasudungan Simanjuntak terlebih dahulu mengingatkan bahwa sumpah yang diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap Bangsa, Negara serta Agama.


Usai diambil sumpah, di hadapan pimpinan Panwaslu Kecamatan Sijamapolang diantaranya Leo Hasudungan Simanjuntak, Wamli Willem Simamora selaku Kordiv P3S serta Eduart Sihombing selaku Kordiv HPPH, ke 10 PKD menandatangani Pakta Integritas untuk bekerja secara profesional, menjaga integritas, independensi dan netralitas sebagai pengawas pemilu.


Selain itu, PKD juga dituntut untuk tidak melakukan praktek korupsi, kolusi dan nepotisme. Dan menjalankan tugas, wewenang dan kewajiban sebagai PKD dengan sebaik baiknya. Bekerja sungguh sungguh demi tegaknya demokrasi dan keadilan, serta mengutamakan kepentingan NKRI daripada kepentingan pribadi atau golongan.


Dalam sambutannya, Leo Hasudungan Simanjuntak didampingi 2 Komisioner Panwaslu Kecamatan Sijamapolang Wamli Willem Simamora dan Eduart Sihombing mengucapkan selamat kepada para PKD yang dilantik dan diambil sumpahnya hari itu.


Ketua Panwaslu menambahkan, setelah dilantik maka tanggung jawab besar secara resmi juga berada di pundak para PKD. Acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji bukanlah sekedar acara seremonial, melainkan mengandung makna sebuah pengukuhan terhadap tugas dan amanat yang telah dipercayakan oleh Negara.


"Sehingga sudah semestinya amanat tersebut diterima dengan rasa penuh tanggung jawab disertai dedikasi untuk mewujudkan pengawas pemilu yang memiliki solidaritas, integritas, mentalitas dan profesionalitas. Saudara dan saudari adalah orang-orang terpilih dan terbaik. Oleh karenanya. saya optimis saudara dan saudari dapat menjalankan amanah yang besar ini," ujarnya.


Ketua Panwaslu juga berpesan agar Panwaslu kelurahan terpilih mampu menjaga sinergitas antar lembaga, integritas diri, dan soliditas internal.


Untuk sinergitas, katanya, diharapkan para PKD dapat membangun koordinasi yang baik dengan stakeholder tingkat kelurahan, seperti Pemerintah, TNI/Polri, dan PPS. 


Adapun ke 10 PKD terpilih yang dilantik yaitu, Hepron Silaban, Sartono Lumban Gaol, Ospiner Marhoba Purba, Paminter Lumban Gaol, Agustinus Simanullang, Edianton Purba, Tenty Handiani Purba, Julius Maskot Lumban Gaol, Herbet Pakpahan, Arnol Purba. (rfn)