Notification

×

Iklan

Iklan

Awas Bakal Ada CCTV, Jangan Buang Sampah ke Sungai Sei Putih!

Rabu, 22 Februari 2023 | 21:08 WIB Last Updated 2023-02-22T14:08:29Z

Aksi gotong royong massal membersihkan Sungai Sei Putih oleh pihak Kecamatan Medan Petisah. (Istimewa)

ARN24.NEWS
– Mengantisipasi warga yang kerap membuang sampah di Sungai Sei Putih sehingga menyebabkan terganggunya kelancaran aliran air, Kecamatan Medan Petisah akan memasang sejumlah Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah titik. 


Pasalnya, sudah berulang kali dibersihkan namun masih ada saja warga yang membuang sampahnya ke sungai tersebut.


“Pemasangan CCTV ini kita lakukan untuk mencegah warga yang ngeyel dan tidak bisa diberitahu agar tidak membuang sampah ke sungai. Pemasangan CCTV itu nantinya akan menggunakan dana kelurahan,” kata Camat Medan Petisah Budi Ansyari Lubis saat  gotong royong massal membersihkan Sungai Sei Putih, Rabu (22/2/2023).


Mengenai jumlah CCTV yang akan dipasang, Budi belum dapat menjelaskannya. 


“Kita akan melihat Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Sebab, Sungai ini melintasi dua kelurahan kita yakni Kelurahan Sei Putih  Tengah dan Sei Putih Timur II. Kalau anggaran di DPA besar, CCTV bisa banyak kita pasang,” jelasnya.


Dikatakan Budi, kualitas CCTV yang akan dipasang nantinya harus baik sehingga dapat dengan mudah mengidentifikasi wajah warga yang kerap membuang sampah ke dalam sungai. 


“Sering didapati mobil pick-up dan becak barang membuang sampah ke sungai tengah malam maupun jelang subuh,” ungkapnya.


Ketika disinggung apakah tidak khawatir CCTV yang akan dipasang nanti hilang, Budi mengaku telah mempersiapkan antisipasi. Selain menempatkan CCTV di lokasi tersembunyi dan tinggi, keberadaan CCTV juga akan terus dipantau petugas jaga malam di kawasan tersebut. 


“Kemungkinan di Triwulan II CCTV sudah dipasang. Jika tidak di akhir bulan Maret, kemungkinan di awal April sudah terpasang,” ungkapnya optimis. (sh)