Notification

×

Iklan

Iklan

Cetak Sejarah! Jeka Saragih, Petarung Indonesia Pertama Dikontrak UFC

Kamis, 09 Februari 2023 | 23:26 WIB Last Updated 2023-02-09T16:26:00Z

Jeka Saragih punya trek rekor bagus sebelum dikontrak UFC.


ARN24.NEWS – Petarung MMA asal Indonesia Jeka Saragih resmi dikontrak UFC. Berikut jejak perjuangan karier Jeka Saragih hingga akhirnya dikontrak UFC.


Jeka Saragih resmi dikontrak UFC meski kalah dari Anshul Jubli pada final Road to UFC 2022, akhir pekan lalu. Keberhasilan Jeka dua kali meng-KO lawan untuk tampil di final jadi alasan UFC mengontrak Jeka.


Kepastian Jeka mendapat kontrak UFC itu terungkap dalam video yang diunggahnya di Instagram miliknya, Kamis (9/2/2023).


Jeka Saragih lahir di Bah Pasussang, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, pada 1 Januari 1995.


Jeka Asparido Saragih atau yang akrab disapa Jeka Saragih mengawali karier sebagai atlet wushu.


Dia pernah menjadi juara Kejurnas Wushu Yogyakarta pada 2013 dan mewakili Sumatera Utara di Pekan Olahraga Nasional serta membela Indonesia pada turnamen di Filipina.


Kemudian pada 2015 Jika memutuskan untuk merantau ke Batam dan menjadi pekerja di galangan kapal.


Di sela-sela kesibukannya bekerja, Jeka tetap mengasah kemampuan bela dirinya hingga akhirnya dia magang di sasana Batam Fighter Club (BFC) milik Yakop Sutjipto.


Jeka mengaku awalnya hanya terpaksa belajar bertarung demi melindungi diri karena waktu SMP sering dibully oleh temannya.


Kemudian Jeka Saragih semakin menekuni dunia MMA hingga akhirnya melakoni debut di MMA ONE Pride pada 10 September 2016.


Sayangnya, debutnya di divisi kelas ringan MMA One Pride tak berjalan mulus setelah kalah dari Kevin Sulistio. Tetapi kekalahan itu menjadi cambuk baginya untuk lebih giat berlatih. Jeka kembali hadir ke pertarungan MMA One Pride dan sukses meraih delapan kemenangan beruntun.


Nama Jeka Saragih pun mulai melejit setelah sukses menjuarai kelar ringan 70 kg di MMA One Pride 2017.


Jeka Saragih berhasil mempertahankan gelarnya sebanyak empat kali sebelum akhirnya kalah pada Februari 2020 dari Angga Hans.


Usai kalah dari Angga Hans, Jeka Saragih masih terus bertarung di MMA One Pride dan mampu memenangkan tiga pertandingan beruntun.


Setelah itu, dia mulai mencoba naik level dengan terjun Road to UFC (RUT) 2022. Pada pertandingan pertama RUT atau babak perempat final, Jeka Saragih berhasil menang KO atas petarung asal India Pawan Maan Singh di Singapura pada 9 Juni 2022 dan lolos ke semifinal.


Di semifinal Jeka Saragih berhasil mengalahkan petarung asal Korea Selatan Bin Ki-Won dengan kemenangan KO di Abu Dhabi pada 23 Oktober 2022. Kemenangan itu membuat Jeka Saragih lolos ke final RUT.


Sayangnya di final RUT, Jeka Saragih kalah dari fighter asal India Anshul Jubli lewat TKO. Tetapi meski kalah di final Jeka tetap dapat kontrak dari UFC. Keberhasilan Jeka dua kali meng-KO lawan untuk tampil di final jadi alasan UFC mengontrak petarung Indonesia tersebut. (rhr/sry)