Notification

×

Iklan

Iklan

Deteksi Dini 2 Blok Hunian di Lapas Kelas I Medan Digeledah, Ini Hasilnya!

Jumat, 10 Februari 2023 | 10:34 WIB Last Updated 2023-02-10T03:34:30Z

Razia mendadak di kamar warga binaan Lapas Kelas I Medan. (Ist)


ARN24.NEWS – Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Sumut, Rudy F. Sianturi dan Tim Satops melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kamar warga binaan di Lapas Kelas I Tanjung Gusta Medan, Jumat (10/2/2023) dini hari.

 

"Sidak ini dilakukan dalam menciptakan kondisi lapas dan rutan bebas dari handphone serta barang-barang terlarang yang dapat memicu terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban," jelas Rudy Sianturi dalam keterangannya di Grup WhatsApp, Jumat pagi.


Sementara, Kalapas Kelas I Medan, Maju A. Siburian melalui Kepala Kesatuan Pengamanan, Lamarta Surbakti menyampaikan, sidak dan penggeledahan ini dilakukan pada blok hunian T5 dan T7. Seluruh penghuni yang berada di kamar masing-masing dikeluarkan untuk dilakukan pemeriksaan badan warga binaan.


Pemeriksaan juga dilakukan pada kamar yang disaksikan salah satu penghuni kamar.


"Barang-barang yang tidak diperbolehkan kami sita dan dicatat untuk selanjutnya dilakukan pemusnahan," ungkap Ka. KPLP ini.


Dilanjutkannya, adapun hasil razia mendadak ini ditemukan sejumlah barang-barang seperti charger hp, Hp, elemen air, mancis, cok sambung, pisau rakitan, dan hasil lainnya.


"Di situ langsung kita lakukan pemusnahan. Sementara untuk narkoba tidak ada ditemukan," jelasnya.


Lamarta menambahkan, jajaran pengamanan rutin melakukan razia penggeledahan pada kamar hunian dan kontrol keliling kondisi fisik bangunan. Baik dinding kamar, teralis besi, hingga brandgang setiap blok.


"Pelaksanaan razia kamar hunian pun berjalan tertib tanpa menimbulkan gejolak dari warga binaan pemasyarakatan," pungkasnya.


Hadir dalam kegiatan ini, Soetopo Berutu, Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan TI, Denny Ria Simamora, Kepala Sub Bidang Pengelolaan Basan Baran dan Keamanan, Tim Satops Patnal Kanwil Kemenkumham Sumut, Ka. KPLP Lapas Kelas I Medan, Lamarta Surbakti, Kabid Adm. Kamtib Lapas Kelas I Medan, Suranta Sinuraya, jajaran pengamanan Lapas Kelas I Medan. (sh)