Notification

×

Iklan

Iklan

Kemunculan Hewan Aneh di Israel, Benarkah Kiamat Makin Dekat?

Rabu, 08 Februari 2023 | 12:11 WIB Last Updated 2023-02-08T05:12:23Z

ARN24.NEWS --
Berita tentang kemunculan hewan dabbah baru-baru ini begitu menghebohkan jagad dunia maya. Dari sebuah postingan Facebook, disebutkan bahwa hewan tersebut muncul di Israel. "Dabbah Telah Muncul Di Israel, Binatang Pesan Tanda Kiamat. Semoga Kita Dalam Lindungan Allah. Aminn," tulis unggahan tersebut di Facebook, kemarin. 

Seperti yang diketahui, dalam ajaran Islam, salah satu tanda hari kiamat adalah munculnya dabbah, sejenis hewan melata yang berasal dari perut bumi. Ia memiliki tugas untuk memberikan tanda pada orang mukmin dan kafir.

Namun, benarkah foto hewan yang muncul di Israel tersebut adalah dabbah yang sesungguhnya? Supaya tidak termakan hoaks, berikut detikSumut sajikan faktanya untukmu!

Hewan Sejenis Kadal

Kalau melihat foto Facebook dari hewan "dabbah" yang muncul di Israel, wujudnya mungkin tampak begitu aneh. Bagaimana tidak, penampilannya mirip seperti ular, tetapi memiliki dua "tangan" pada tubuh bagian depan.

Tak heran juga wujudnya yang tak biasa itu membuat banyak orang berpikir yang tidak-tidak. Namun, apakah foto tersebut editan? Atau, apakah itu hewan sungguhan? Jadi, foto yang ada di unggahan Facebook tersebut adalah hewan sungguhan. Akan tetapi, ia bukanlah dabbah seperti yang dipercayai dalam ajaran Islam sebagai salah satu tanda kiamat.

Namanya adalah mexican mole lizard. Berdasarkan laman National Geographic, hewan yang satu ini tergolong ke dalam kelompok kadal. Namun, bukan sembarang kadal, mexican mole lizard termasuk salah satu klad amphisbaenia yang berarti 'kadal cacing'.

Namun, walau pun Bipes biporus, nama ilmiahnya, tergolong klad kadal tak berkaki, spesies yang satu ini sebenarnya memiliki dua kaki depan. Karena kedua kaki kecilnya itu, mexican mole lizard memiliki famili tersendiri bernama Bipedidae (biped berarti 'hewan yang berjalan dengan dua kaki').

Kadal Pink Tak Berkaki Hidup di Bawah Tanah

Spesies Bipes biporus sangat mudah dikenali lewat penampilan tak biasanya. Dilansir AZ Animals, tubuhnya tersegmentasi dan berbentuk silinder. Ekornya panjang dan memiliki dua kaki depan berjari lima. Cakar yang ada digunakan untuk menggali tanah.

Kepala mexican mole lizard berbentuk bulat dan tumpul. Kulitnya berwarna merah mudah cerah, tetapi juga dapat keabu-abuan. Ukuran Bipes biporus dewasa mampu mencapai 19-24 cm. Yang baru menetas berukuran 9-13 cm, sedangkan panjang anakan berukuran 13-18,5 cm.

Biasanya, spesies kadal yang satu ini hidup di bawah tanah, mirip seperti tikus tanah. Dari situlah nama hewan ini berasal (mole artinya 'tikus tanah'). Spesies ini tergolong hewan diurnal, yaitu hewan yang aktif di siang hari. Akan tetapi, National Geographic menyebutkan, habitatnya yang berada di bawah tanah membuat mexican mole lizard jarang terlihat oleh orang-orang.

Saat pertama kali bertemu dengannya, orang mengira kalau hewan ini adalah ular ataupun cacing. Padahal, seperti yang dijelaskan sebelumnya, spesies Bipes biporus adalah sejenis kadal tak berkaki. Status konservasi Bipes biporus berdasarkan Daftar Merah Uni Internasional untuk Konservasi Alam adalah least concern atau spesies risiko rendah. Ini tak mengherankan karena kadal dengan kaki berjari lima merupakan hewan yang pemalu.

Mexican mole lizard tidak tergolong binatang agresif. AZ Animals menyebutkan, ia memiliki mekanisme unik untuk menghindari predator, yaitu dengan mematahkan ekornya. Namun, berbeda dengan cicak, ekor Bipes biporus tidak dapat beregenerasi. Jadi, sudah jelas bahwa hewan yang muncul di Israel bukanlah dabbah, melainkan mexican mole lizard. (dtc/nt)