Notification

×

Iklan

Iklan

Tahun Ini Gedung Warenhuis Direvitalisasi, Bakal Menjadi Pusat Expo UMKM

Minggu, 12 Februari 2023 | 21:30 WIB Last Updated 2023-02-12T14:30:38Z

Gedung Warenhuis yang tahun ini akan direvitalisasi Pemko Medan. (Ist)

ARN24.NEWS
– Tahun ini Pemko Medan akan melakukan revitalisasi Gedung Warenhuis yang termasuk dalam kawasan kota lama Kesawan. Nantinya, gedung bersejarah bekas supermarket pertama di Kota Medan ini akan menjadi pusat expo, terutama untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan anak-anak muda kreatif.


"Sesuai dengan amanah Wali Kota Medan Bobby Nasution, Gedung Warenhuis ini dijadikan pusat expo, diutamakan untuk  UMKM dan anak-anak muda kreatif serta dikombinasikan dengan aktivitas kuliner," sebut Kadis Perumahan Permukiman Cipta Karya Penataan Ruang Kota Medan, Endar Sutan Lubis, Minggu (12/2/2023).


Untuk mendukung berbagai berbagai aktivitas tersebut, lanjut Endar, Pemko Medan juga telah mengadakan lahan di sebelah Gedung Warenhuis. Di lahan ini, sebutnya, akan dikembangkan aktivitas kuliner.  


"Kalau kita lihat sekarang di sebelahnya ada PT Terang Bulan Jaya. Dua dari empat persil miliknya sudah kita bayar," ungkapnya.  


Ditanya soal waktu pelaksanaan kegiatan, Endar mengatakan, tender revitalisasi Gedung Warenhuis ini akan dimulai pada Februari ini juga. Pemko Medan menentukan pemenang yang profesional menangani ini.


"Ini pekerjaan seni dan juga harus ahli cagar budaya. Karena tidak boleh ada yang berubah di situ. Karena itu kita perhitungkan waktu kerjanya lebih dari satu tahun. Kita buat multiyears dan seingat saya anggarannya Rp32 miliar, murni dari APBD Kota Medan," ungkap Endar, optimis penataan Kesawan dan revitalisasi Gedung Warenhuis ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan. (sh)