Notification

×

Iklan

Iklan

Eks Wali Kota Medan Abdillah Mundur dari Pencalonan DPD RI

Selasa, 28 Maret 2023 | 13:43 WIB Last Updated 2023-03-28T06:43:32Z

Gedung KPU Sumut. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Eks Wali Kota Medan Abdillah dikabarkan mengundurkan diri dari kontestasi pencalonan DPD RI asal Sumatera Utara. Padahal Abdillah sudah memenuhi syarat secara administrasi dukungan.


Koordinator Divisi Teknis KPU Sumut Batara Manurung, menjelaskan hasil rekapitulasi di tingkat provinsi tanggal 24 Maret lalu, dari 21 bakal calon DPD yang diberi kesempatan melakukan perbaikan, hanya 20 yang melakukan perbaikan administrasi.


"Kan ada lima (bakal calon) yang sudah memenuhi syarat, (sedangkan) ada 21 yang melakukan perbaikan, (namun ada) satu tidak melakukan perbaikan, (sehingga hanya) 20 melakukan perbaikan," kata Batara, Senin (27/03/2023).


Selanjutnya dari 20 yang melakukan perbaikan, hanya 18 yang dinyatakan memenuhi syarat secara administrasi dukungan. Dari 18 yang memenuhi syarat, hanya 17 yang diambil sampel untuk kemudian dilakukan verifikasi faktual kedua, karena satu mengundurkan diri.


Ternyata sosok yang mengundurkan diri itu adalah Wali Kota Medan ke-14, Abdillah. Sehingga Abdillah tidak lagi dilakukan verifikasi faktual karena mengundurkan diri.


"Satu (bacalon) tidak mengambil sampel karena mengundurkan diri yaitu namanya Abdillah. dia (Abdillah) tidak lanjut ke verifikasi faktual mereka menyatakan mengundurkan diri," ungkapnya.


Ketika ditanya, Batara mengaku pihak Abdillah tidak memberikan alasan terkait pengunduran dirinya. Dia meminta untuk langsung menghubungi pihak Abdillah terkait hal itu.


"Tidak diketahui alasannya, yang dia sampaikan hanya mengundurkan diri," ujarnya.


Untuk diketahui, sudah terdapat 5 bakal calon yang lulus verifikasi faktual. Sisanya, 17 orang sedang melakukan verifikasi faktual mulai 26 Maret 2023 dan hasil lanjutan akan diumumkan para 8 April 2023.


Berikut lima Bacalon DPD yang Memenuhi Syarat:


1. Faisal Amri

2. Dedi Iskandar Batubara

3. Muhammad Nuh

4. Badikenita Sitepu

5. Sabam Parulian Parsaoran Manalu


Daftar 17 Bacalon DPD yang akan Diverifikasi Faktual Kedua:


1. Abdon Nababan

2. Albiner Sitompul

3. Andi Junianto Barus

4. Bahrul Ulum Harahap

5. Darwis H. Harahap

6. Emsah Perangin-angin

7. Ikhwaluddin Simatupang

8. Iskandar Sembiring

9. Joko Susilo

10. M. Firman Syah

11. Parlindungan Purba

12. Parulian Siregar

13. Penrad Siagian

14. Rafdinal

15. Rosdiana

16. Samulya Surya Indra

17. Sukadi


(dts/ans)