Notification

×

Iklan

Iklan

Rutan Tanjungpura Tingkatkan Kewaspadaan Deteksi Dini Pengamanan Selama Ramadan

Selasa, 28 Maret 2023 | 14:01 WIB Last Updated 2023-03-28T07:01:04Z

Pemeriksaan CCTV dalam deteksi dini yang dilakukan Rutan Kelas IIB Tanjungpura selama menghadapi bulan Ramadan. (Istimewa)

ARN24.NEWS
– Memasuki minggu pertama Bulan Suci Ramadan, Rutan Kelas IIB Tanjungpura Kanwil Kemenkumham Sumut  melakukan berbagai perbaikan alat penunjang keamanan, pengecekan dan deteksi dini pada rutan, Selasa (28/3/2023). 


Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Pengamanan Rutan (KPR), Islam Pryangono beserta jajaran staf dan regu pengamanan.


Kegiatan ini meliputi dari perbaikan CCTV, alat penerangan lampu POS Branggang Blok Hunian, razia insidentil dan pengecekan berkala tralis / ornames blok hunian. Ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kewaspadaan selama bulan Ramadan. 


Hal itu berdasarkan surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-482.PK.08.05 TAHUN 2023 tentang Peningkatan Kewaspadaan Selama Kegiatan Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1444H / 2023M.


Kepala Rutan (Karutan) Kelas IIB Tanjungpura, Zulkifli Bintang, berpesan kepada seluruh petugas rutan untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan ketertiban di dalam rutan selama situasi bulan Ramadan ini.


“Kegiatan ini sebagai bagian dari deteksi dini, untuk mengantisipasi gangguan keamanan selama bulan Ramadan dan menjelang perayaan Idul Fitri,” ungkap Bintang.


Karutan juga mengingatkan kepada para petugas untuk tetap melaksanakan tugas sesuai tanggung jawab, sehingga keamanan dan ketertiban (kamtib) tetap terjaga, melalui implementasi 3+1 Kunci Sukses Pemasyarakatan. 


Kementerian di bawah pimpinan Menkumham Yasonna H Laoly ini sangat mengantisipasi terjadinya gangguan kamtib selama bulan puasa dan lebaran.


“Untuk mewujudkan Pemasyarakatan Maju dilaksanakan melalui tiga Kunci Sukses Pemasyarakatan, yaitu deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, berantas narkoba, dan sinergi dengan aparat penegak hukum serta back to basics, dimana setiap pelaksanaan tugas dan fungsi senantiasa mengacu dan berpedoman pada aturan-aturan yang berlaku,” pesan Bintang. (sh)