Notification

×

Iklan

Iklan

Haram! MUI Sumut Larang Asmara Subuh dan Petasan Saat Ramadhan

Minggu, 19 Maret 2023 | 07:58 WIB Last Updated 2023-03-19T00:58:00Z

Ilustrasi. 

ARN24.NEWS
– Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara (Sumut) mengeluarkan imbauan untuk masyarakat Sumut menjelang bulan suci Ramadhan Tahun 2023 atau 1444 Hijriah.


"Berkaitan dengan akan masuknya bulan Ramadhan 1444 Hijriah mari kita sambut dengan gembira dan bersyukur atas hidayah kesempatan bertaubat dan beramal di bulan Ramadhan," kata Ketua MUI Sumut Maratua Simanjuntak, Minggu (19/3/2023).


Ada beberapa yang menjadi sorotan MUI Sumut antara lain mengenai Tradisi Asmara Subuh. Di Sumut, kegiatan Asmara Subuh menjadi populer selama Ramadhan.


Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh masyarakat khususnya muda-mudi untuk berkumpul setelah sahur dan shalat Subuh. Belakangan Asmara Subuh dilakukan para muda-mudi dengan berkumpul dan konvoi berkeliling kota hingga dijadikan ajang berpacaran atau mencari jodoh.


Maratua Simanjuntak mengatakan MUI Sumut sebenarnya telah mengeluarkan Fatwa Nomor : 02/KF/MUl-SU/V/2017 tentang Tradisi Asmara Subuh saat Ramadhan.


MUI memfatwakan Tradisi Asmara Subuh yang merupakan berkumpulnya antara laki laki dan perempuan yang bukan muhrim secara bebas pada pagi hari di bulan Ramadhan adalah haram.


"Tradisi Asmara Subuh sebagaimana dimaksud hukumnya haram. Karena itu, MUI Sumut mengimbau kepada masyarakat khususnya generasi muda untuk tidak melakukan Asmara Subuh tersebut agar ibadah puasa yang dilakukan tidak dirusak dengan kegiatan-kegiatan yang melanggar syariat," ujarnya.


Petasan

Selain Tradisi Asmara Subuh, MUI Sumut juga mengharamkan umat Islam membakar petasan sebagaimana dengan Fatwa MUI Provinsi Sumatera Utara Nomor 3 Tahun 2017.


"Untuk memelihara kondusifitas, stabilitas dan ketertiban masyarakat serta kekhusyukan ibadah Ramadhan, umat Islam diharamkan untuk membakar petasan. Karena itu, untuk terwujudnya maksud tersebut, Pihak Kepolisian diharapkan menertibkan penggunaan petasan selama Ramadhan," jelasnya.


Kemudian, MUI Sumut, lanjut Maratua, mengimbau umat Islam di Sumut agar melaksanakan ibadah puasa, beserta seluruh amal ibadah pada siang hari serta menghidupkan malam-malam Ramadhan.


"Umat Islam agar melaksanakan Salat tarawih, witir, salat tahajjud, ceramah Ramadhan, tadarus Alquran, peringatan nuzul quran, shalat berjemaah, pesantren kilat, safari Ramadhan, berbuka puasa bersama, memperbanyak zikir, i'tikaf dan berdoa kepada Allah untuk keselamatan Agama, bangsa, dan negara," ujarnya.


Maratua menambahkan untuk terciptanya rasa saling menghargai dan menghormati antar sesama, MUI Sumut mengimbau kepada seluruh masyarakat yang tidak berpuasa untuk memuliakan bulan Ramadhan agar tidak bebas mengkonsumsi makanan atau minuman di tempat umum.


Selain itu MU Sumut mengimbau kabupaten/kota dan pihak kepolisian untuk menutup tempat-tempat maksiat dan menertibkan lokasi yang berpotensi menjadi tempat-tempat maksiat seperti perjudian, hiburan malam, dan sebagainya demi untuk memuliakan bulan Ramadhan.


"Kepada MUI kabupaten kota se-Sumut agar menerbitkan imbauan yang sama, dengan tetap melihat dan menyesuaikan dengan kondisi daerahnya masing-masing," tegasnya. (fnr/kid)