Notification

×

Iklan

Iklan

Harga Bapok Jelang Ramadhan, Cabai Stabil, Ikan Mulai Naik

Senin, 13 Maret 2023 | 19:11 WIB Last Updated 2023-03-13T12:11:41Z

Dirut PUD Pasar Medan Suwarno, Senin (13/3/2023) saat melakukan peninjauan di basement Pasar Petisah Medan. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Kurang lebih 10 hari menjelang bulan Ramadhan, harga bahan pangan pokok (bapok) relatif masih stabil. Kenaikan terjadi pada harga ikan. 


Seperti peninjauan yang dilakukan Dirut PUD Pasar Medan Suwarno, Senin (13/3/2023) di basement Pasar Petisah Medan. 


Suwarno yang didampingi Kepala Cabang II Budi F Putra dan Kepala Pasar Petisah II Bananda Suandi menjelaskan untuk harga cabai merah Rp30 ribu/kg, bawang merah Rp32 ribu/kg, bawang putih Rp30 ribu/kg dari Rp24 ribu, tomat Rp12 ribu/kg, dan cabai rawit Rp30 ribu/kg. 


Ditambahkan Suwarno, harga ayam potong dan telur juga masih stabil. Ayam potong Rp30 ribu/kg dan telur ukuran sedang Rp1.500 per butir, ukuran besar Rp1.600 per butir. "Sejauh ini harga masih stabil," ujar Suwarno. 


Kenaikan justru terjadi pada harga ikan, termasuk ikan-ikan yang biasa dikonsumsi rumah tangga. Suwarno membeberkan untuk ikan jenis gembung Rp50 ribu/kg, tongkol Rp50 ribu/kg dan nila Rp30 ribu/kg. "Kami terus memonitoring harga-harga ini sembari berkoordinasi dengan instansi terkait," bilang Suwarno. 


Saat ini, sebut Suwarno, pihaknya telah mendistribusikan beras, minyak goreng dan gula di pasar-pasar. Langkah ini dilakukan sebagai upaya menjaga stabilitas harga bapok. "Komoditas tersebut dapat dibeli di pasar-pasar di naungan kami," tandas Suwarno. 


Sementara itu, M Zais, pedagang ikan di basement Pasar Petisah mengungkapkan kenaikan harga ikan terjadi lantaran faktor cuaca. 


"Kenaikan harga ada, karena kan pengaruh ombak juga. Harga mulai naik sejak 2 minggu lalu. Cuma harga itu kan terpengaruh cuaca," bilang lelaki berkumis ini. (rfn/red)