Notification

×

Iklan

Iklan

Polda Sumut Temukan Saksi Kunci Kematian Bripka AS, 2 Kapolres Diperiksa Propam

Selasa, 28 Maret 2023 | 19:46 WIB Last Updated 2023-03-28T12:46:52Z

Kapoldasu saat memberikan keterangan kepada wartawan. (Istimewa)


ARN24.NEWS – Tim gabungan Polda Sumut menemukan saksi kunci kasus kematian Bripka Arfan Saragih (AS). Saksi pertama kali melihat sepeda motor korban di Desa Siogung Ogung Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.


Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak didampingi Kabid Humas Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, tim dari Polda Sumut telah menemukan saksi yang pertama kali melihat bukti di lokasi temuan jasad Bripka AS.


"Tim menemukan saksi yang melihat kendaraan bermotor yang ada di TKP dalam posisi yang sama saat ditemukan pada hari Senin dan itu sudah dilihat. Saksi kebetulan lewat dari situ," kata Irjen Panca kepada wartawan, Selasa (28/3/2023).


Namun, Panca belum mau membeberkan siapa saksi yang dinilai penting itu. 


"Nanti akan disampaikan. Ini hal yang sangat bagus," sebutnya.


Selain itu, pihaknya atau tim yang sudah dibentuk juga memeriksa saksi-saksi yang melihat saat terakhir almarhum Bripka AS di Polres Samosir.


"Mulai dari apel pagi di Polres sampai detik terakhir almarhum," ujarnya.


Irjen Panca mengungkapkan, tim yang sudah dibentuk dalam menangani kasus kematian Bripka Arfan Saragih juga sedang mencari CCTV.


Panca juga mengungkapkan adanya saksi kurir ekspedisi yang mengantar barang pesanan sianida.


"Itu bagian dari proses mendalami bagaimana pemesanan sampai dengan barang tersebut masuk dengan bersangkutan. Itu sedang didalami semuanya," ungkapnya.


Kapolda turut berempati kepada keluarga, terlebih khusus kepada istri dan anak-anak almarhum.


Terpisah, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi membenarkan telah melakukan pemeriksaan terhadal Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman.


"Sudah, Kapolres Samosir sudah diperiksa. Tentunya kalau anggota diperiksa oleh pihak Propam," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi.


Disinggung soal spesifikasi pemeriksaan terhadap Kapolres Samosir, Hadi mengatakan pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh, termasuk tentang kematian Bripka AS dan adanya praktik dugaan penggelapan pajak.


"Pemeriksaan Kapolres Samosir termasuk soal adanya laporan kematian Bripka AS dan masyarakat yang membayar pajak," terang Hadi.


Dia menyebut, pemeriksaan juga dilakukan terhadap Kapolres Samosir sebelumnya, AKBP Josua Tampubolon tentang terjadinya dugaan penggelapan pajak.


"Ya, Kapolres Samosir sebelumnya juga kita mintai keterangan," pungkasnya. (sh)