Notification

×

Iklan

Iklan

BMKG Pastikan Indonesia Tak Kena Gelombang Panas seperti India-Thailand

Senin, 24 April 2023 | 14:55 WIB Last Updated 2023-04-24T07:55:54Z

BMKG memastikan Indonesia tak akan mengalami gelombang panas seperti yang terjadi di India dan Thailand. (REUTERS/ALY SONG)

ARN24.NEWS
– Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan Indonesia tak akan mengalami gelombang panas seperti yang terjadi di India, China, hingga Thailand.


Kepala Pusat Layanan Iklim Terapan BMKG Ardhasena Sopaheluwakan mengatakan hal ini dikarenakan Indonesia adalah negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan besar.


"Karena kita kepulauan, masih ada hujan yang mendinginkan suhu saat malam setelah hujan," kata Ardhasena, Senin (24/4/2023).


Menurutnya, gelombang panas memang tengah tinggi seperti di Bangladesh yang mencapai hingga 51,2 derajat dan Thailand 44,6 derajat. Namun, Ardhasena mengatakan yang terjadi di Indonesia itu suhu panas yang tidak menyengat seperti di India.


Penyebab suhu panas di Indonesia karena adanya dinamika atmosfer yang tidak biasa seperti gerakan semu matahari. Meski suhu di Indonesia meningkat, namun tidak sampai menyebabkan gelombang panas.


"Karena kita di wilayah tropis, maka sepanjang tahun memang suhu rata-rata tinggi. Belakangan terjadi peningkatan suhu karena posisi gerak semu matahari," jelasnya.


Suhu tertinggi di Indonesia 37 derajat celsius

Menurut Ardhasena, suhu tertinggi di Indonesia hanya berkisar 36-37 derajat celsius dan sudah terjadi di beberapa wilayah. Misalnya Ciputat, pada 17 April 2023 mencapai suhu 37,2 derajat celsius


Sampai saat ini, BMKG juga belum menemukan ada pergerakan suhu lebih tinggi dari 37 derajat celcius tersebut dan memang diperkirakan akan terus turun.


"Jadi (Indonesia) masih jauh lebih rendah daripada di India dan Bangladesh, Thailand," ucap Ardhasena.


Sementara, untuk hari ini BMKG memperkirakan suhu di DKI Jakarta akan berkisar 24-31 derajat dengan kelembaban udara 75-95 persen.


Untuk perkiraan cuacanya, setiap di wilayah di DKI Jakarta memiliki kondisi berbeda. Seperti Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Jakarta Barat diperkirakan hujan ringan di siang hari (13.00-19.00 WIB).


Sedangkan, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan akan mengalami hujan sedang dan berawan pada malam harinya.


Dengan kondisi ini, BMKG memberikan peringatan agar warga di DKI Jakarta waspada akan hujan disertai kilat/petir dan angin kencang, terutama di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.


Sedangkan, untuk wilayah Tangerang Selatan diperkirakan akan berada pada suhu 24-33 derajat. Di mana pada siang sampai malam hari bisa berawan hingga hujan ringan. (lid/rds)