Notification

×

Iklan

Iklan

Gubsu Resmikan Pesantren Tahfidz Qur’an dan PKBM Tunas Integritas di Rutan Kelas IIB Tanjungpura

Senin, 17 April 2023 | 21:07 WIB Last Updated 2023-04-17T14:07:13Z

Gubernur Sumut dan Karutan Tanjungpura berfoto bersama dengan stakeholder seusai peresmian Pesantren Tahfidz Qur’an dan PKBM Tunas Integritas di Rutan Kelas IIB Tanjungpura. (Istimewa)

ARN24.NEWS
– Pesantren Tahfidz Qur’an dan PKBM Tunas Integritas di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanjungpura diresmikan oleh Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas IIB Tanjungpura Zulkifli Bintang. 


Turut hadir Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kakanwil Kemenkumham Sumut Imam Suyudi dan Kadivpas Kumhan Sumut Rudy Fernando Sianturi beserta stakeholder terkait, Senin (17/4/2023).


Juga hadir dalam kesempatan ini Anggota DPD RI Dedi Iskandar Batubara, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, mewakili Pangdam I/BB: Kasdam I/BB Brigjen TNI Rifky Nawawi, Kabinda Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari, Ditpolairud Polda Sumut Kombes Pol Tony Aryadi Effendi, Kakan Kemenag Kabupaten Langkat H. Ainul Aswad, para kepala UPT Pemasyarakatan se-Kabupaten Langkat.


Kemudian, Kepala BNN Kabupaten Langkat, Komandan Batalyon Infanteri 8 Marinir, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Langkat, Ketua MUI Langkat, Ketua MUI Tanjung Pura, Pimpinan Pesantren Darul Ulum Fathul Jamil Tanjungpura, dan Ketua STAI-JM Tanjungpura.


Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengapresiasi diresmikannya Pesantren Tahfidz Qur’an di Rutan Tanjung Pura.


"Saya menyampaikan ucapan terimakasih dan sangat mendukung kegiatan dari Pesantren Tahfidz Qur’an di Rutan Tanjung Pura. Dengan keberadaan Pesantren Tahfidz Qur’an itu, diharapkan kelak lebih banyak lagi sosok yang menguasai tahsin dan penghafal Qur’an dan dapat berkontribusi yang baik bagi diri mereka sendiri maupun Rutan Tanjungpura," kata Edy.


Karutan Kelas IIB Tanjung Pura Zulkifli Bintang menyampaikan, kalau PKBM merupakan solusi untuk permasalahan buta aksara yang ada di Rutan Tanjungpura. 


"Pasalnya, banyak WBP yang putus sekolah ketika sebelum masuk Rutan, masih banyak WBP yang buta aksara. Berbagai kegiatan dilakukan di PKBM Tunas Integritas, di antaranya program paket A, B, dan C, dan pendidikan keaksaraan," jelasnya.


Acara peresmian ini ditutup dengan menuliskan pesan dan kesan dari para tamu undangan yang dituliskan untuk Rutan Tanjungpura sebagai masukan agar kegiatan Pesantren Tahfidz Qur’an dan PKBM Tunas Integritas menjadi lebih baik kedepannya. (sh)