Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya KB Untuk Mencapai Keluarga Sejahtera

Sabtu, 15 April 2023 | 15:02 WIB Last Updated 2023-04-15T08:02:00Z


ARN24.NEWS – Salah satu program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah mengatasi  kemiskinan dengan program Keluarga Berencana (KB).


"BKKBN adalah lembaga yang diberi amanah untuk mengatur dan mengelola penduduk. Juga bagaimana keluarga mengetahui program BKKBN mengatasi kemiskinan," kata Kepala Perwakilan BKKBN Sumut, Muhammad Irzal didampingi Sekretaris, Yosrizal dalam keterangannya diterima, Sabtu (15/4/2023).


Karena itu, menurutnya, pentingnya meningkatkan SDM yang berkualitas, bagaimana masyarakat memahami pendewasaan usia perkawinan bagi perempuan 21 tahun dan 25 tahun bagi laki laki.


"Maka, keluarga perlu memahami persiapan perkawinan, lalu persiapan kehamilan dan bagaimana kesiapan menjadi seorang ibu," ujarnya.


Irzal melanjutkan, perlunya kesehatan reproduksi. Kapan dia harus menikah. Bagaimana keharmonisan dalam keluarga.


"8 fungsi keluarga untuk menciptakan keluarga berkualitas seperti fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi dan pembinaan lingkungan," sebutnya.


Kepala perwakilan BKKBN Sumut ini juga memandang pentingnya peran media seperti program saat ini untuk penurunan angka stunting di Sumut. 


"Berdasarkan Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022, Sumut berhasil menurunkan angka prevalensi stunting sebesar 4,7%, menjadi 21,1%, dari sebelumnya 25,8% pada tahun 2021. Ini berkat peran media yang menyampaikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat," ujarnya.


Ia jug berharap media bisa memberikan informasi strategis seperti pentingnya KB untuk keluarga sejahtera. Tersedianya obat dan alat kontrasepsi di fasilitas pelayanan kesehatan.


"Masih ada masyarakat belum tahu

dimana dia mendapatkan program KB. Akibatnya terjadi kehamilan yang tidak diinginkan. Tidak direncanakan kehamilan karena pasangan usia subur (PUS) tidak memakai Alkon. Suami juga diharapkan memberikan izin kepada istrinya untuk ber kb," ujarnya seraya mengatakan dengan adanya PUS yang belum terlayani alkon, bisa menyebabkan angka kematian ibu, angka kematian bayi dan stunting. (sh)