Notification

×

Iklan

Iklan

Anggota PWI Labuhanbatu Terima Penguatan Organisasi dari Sumut

Senin, 22 Mei 2023 | 23:35 WIB Last Updated 2023-05-22T16:35:21Z

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara (Sumut) memberikan materi pada kegiatan acara penguatan dan pemantapan kapasitas anggota PWI Kabupaten Labuhanbatu di Gedung PWI Sumut Parada Harahap Medan, Senin (22/05/2023). (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara (Sumut) memberikan materi pada kegiatan acara penguatan dan pemantapan kapasitas anggota PWI Kabupaten Labuhanbatu di Gedung PWI Sumut Parada Harahap Medan, Senin (22/05/2023).


Ketua PWI Labuhanbatu Rony Afrizal mengatakan bahwa anggota PWI Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan pemantapan dan Kapasitas anggota agar kita semua dapat memahami cara berorganisasi di dalam wadah PWI tersebut.


Menurutnya, PWI adalah rumah kita yang harus dijaga dan dirawat, jangan pernah mengotori rumah tersebut, khusus pada anggota Muda PWI Labuhanbatu. Kegiatan acara itu pun terjadwal sejak dimulai pada tanggal 21 sampai 23 bulan Mei 2023.


Dia pun berharap agar seluruh para anggota dapat memanfaatkan dengan sebaik mungkin di dalam kegiatan penguatan dan pemantapan anggota PWI Kabupaten Labuhanbatu tersebut.


"Ayo mari sama - sama kita besarkan PWI di Kabupaten Labuhanbatu dan harus kita tunjukkan bahwa anggota PWI itu, harus tampil beda tunjukkan profesional dan kita semua harus beretika setelah ikuti UKW," jelasnya.


Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga melalui Kadis Kominfo Ahmad Fadly Rangkuti menegaskan, bahwa PWI adalah organisasi kewartawanan di Indonesia sedangkan anggota PWI telah mewajibkan seluruh anggota agar memiliki sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW).


Ia menjelaskan, Pemkab Labuhanbatu sangat mendukung dalam hal kegiatan karena sangat positif yang telah terlaksana pada hari ini melalui tema penguatan dan pemantapan kapasitas anggota PWI Labuhanbatu.


Terlihat dengan adanya kinerja Pemkab Labuhanbatu namun kini telah meraih WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) meskipun baru  dinantikan pada tahun 2023 dengan terakhir diterima pada tahun 2015. 


Namun keberhasilan pemerintah Kabupaten melalui profesi wartawan dengan memiliki secara ke profesional dan bermartabat seperti PWI, diharapkan agar terus dapat bekerjasama memberikan informasi dalam pembangunan daerah Labuhanbatu.


"Iya, saya yakin dengan wartawan sudah dinyatakan lulusan atau kompetensi sudah pasti menjadi wartawan yang profesional dan bermartabat dengan keyakinan dapat memberikan kontribusi pembangunan daerah melalui informasi berita," jelasnya.


Sementara itu, Ketua PWI Sumut H. Farianda Putra Sinik menyampaikan bahwa kegiatan penguatan dan pemantapan kapasitas anggota PWI Labuhanbatu merupakan salah satu kegiatan agenda PWI Sumut setelah tahun yang lalu kita melaksanakan UKW dan penjaringan anggota PWI Muda.


"Saya tidak ingin wartawan PWI itu hanya pandai menulis tetapi juga harus pandai berkomunikasi dan tampil beda dengan wartawan lain yang bukan anggota PWI karena seluruh wartawan PWI sudah lulus UKW," sebutnya.


Selanjutnya, kata dia, sebagai wartawan PWI tentu harus punya adab karena sesuai semua dengan yang telah dipelajari ketika mengikuti ujian kompetensi wartawan adalah bekal yang telah dimiliki serta cukup dipahami. 


"Sekali lagi saya tegaskan untuk jaga nama baik PWI Sumut khusus Kabupaten Labuhanbatu. Dan jaga marwah PWI dan jadilah wartawan yang beretika dan bermartabat," tutupnya.


Kemudian kegiatan acara dilanjutkan dengan pemberian plakat dari Ketua PWI Labuhanbatu Rony Afrizal kepada Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik didampingi Sekretaris PWI Sumut SR Hamonangan Panggabean dan pengurus lainnya.


Selanjutnya, kegiatan acara pemaparan materi melalui narasumber yakni Ketua Dewan Kehormatan Provinsi PWI Sumut M Syahrir, Sekretaris PWI Sumut SR Hamonangan Panggabean, Wakil Ketua PWI Sumut Rifki Warisan dan moderator Austin Tumengkol dan Amru Lubis. 


Dalam kegiatan acara turut hadir yakni, Sekretaris PWI Kabupaten Labuhanbatu Kurnia Hamdani, Bendahara PWI Kabupaten Labuhanbatu Deni Syafrizal Daulay,  Pengurus PWI Sumut dan sebanyak 22 peserta dari anggota PWI Labuhanbatu. (rfn/ril)