Notification

×

Iklan

Iklan

Cerita di Balik Lagu Viral 'Ikan Dalam Kolam' Oleh Turunan Arab

Jumat, 26 Mei 2023 | 10:56 WIB Last Updated 2023-05-26T03:57:18Z

ARN24.NEWS --
Judul lagunya begitu unik. Yakni 'Ikan Dalam Kolam'. Nah, lagu ini begitu viral sejak dipopulerkan personil grup musik gambus El Corona asal Jakarta. Uniknya ada tambahan “Ya Salaam” yang kini menjadi jargon dari lagu tersebut, meski kata itu tak pernah keluar sejak lirik lagu dikarang oleh penciptanya.

Meski kini tidak sedikit pula orang yang ikut latah secara serampangan mengubah lirik aslinya, lewat kreasi jahil dalam canda dengan memplesetkan lagu tersebut yang alih-alih berdalih humor. Lagu yang sudah tercipta pada era tahun 60-an ini, kerap dijadikan backsound untuk video-video unggahan oleh para pengguna aplikasi TikTok dan di Instagram Reels, dua platform konten vidio di media sosial yang bisa di edit dan di upload secara langsung oleh para penggunanya.

Bahkan banyak sederetan penyanyi di tanah air yang mengcover lagu ini dan menggugahnya di Channel YouTube mereka, termasuk oleh Ayu Ting Ting yang juga ikut kepincut dan pernah membawakannya saat tampil di acara Brownis. Bahkan dalam akun pribadinya.

Saking ngebetnya pada lagu ini, Ayu pernah mengunggahnya sebagai konten saat sahur dilingkungan tempatnya tinggal, mengundang sekelompok anak remaja yang sedang berkeliling untuk kemudian dimintanya menyanyikan lagu 'Ikan Dalam Kolam'. Tentu saja diiringi goyangan Ayu Ting-Ting yang berjoget ria meski hanya menggunakan alat seadanya, terdiri dari kentongan, rebana dan kicrik.

Live musik di cafe-cafe yang kini marak  dijadikan sebagai pemikat para pengunjung, baik cafe kecil, sedang maupun yang terbilang elit, sejumlah cafe di tanah air tak luput pul para pemusiknya ikut mengcover lagu ini.

Termasuk oleh pasangan Nabila dan Tri Suaka dari personil musisi jogja project saat pentas di salah satu cafe pavorit kawula muda mudi yang ada di bilangan kota Yogyakarta. Lagu 'Ikan Dalam Kolam' pun semakin marak dibawakan oleh para pengamen jalanan, baik yang memiliki suara berbakat dan ada talenta sebagai musisi, maupun oleh mereka yang bersuara parau dan jelek, asal bunyi dan berirama tidak karuan yang penting dapat merogoh kocek uang recek dari orang yang berbelas kasihan.

Mungkin banyak yang belum tahu, jika sejatinya judul lagu 'Ikan Dalam Kolam' dan yang sering dibawakan dalam pentas oleh grup El Corona Gambus itu, penciptanya adalah almarhum Hussein Bawafie yang lagunya sudah populer sejak tahun 1960-an.

Lagu ini sering dan bahkan hampir menjadi nyanyian hits warga keturunan Arab, kala ada hajatan dan “Samar Deple”, sejak lagu itu diciptakan dan di dendangkan untuk pertama kali oleh penciptanya.

Lagu ini bahkan tetap menjadi salah satu lagu favorit warga keturunan Arab hingga sebelum tahun 90-an, khususnya di Jakarta dan Bogor. “Samar” diambil dari kosa kata bahasa Arab yang bermakna pesta musik dan “deple” adalah formasi duduk melingkar di atas permadani yang meniadi alas bermain musik dan tempat berjoget.

Bisa jadi terciptanya lagu 'Ikan Dalam Kolam' karena saat itu penciptanya ini sedang memancing sehingga terinspirasi buat dendangan sedikit kocak ini. Atau memang sang pencipta lagu sedang kasmaran? Patut disimak ulasan selanjutnya!!! (hdy/nt)