Notification

×

Iklan

Iklan

Doa Minum Air Zam-Zam: Arab, Latin, dan Artinya

Minggu, 21 Mei 2023 | 13:24 WIB Last Updated 2023-05-21T06:24:19Z

Ilustrasi. Doa minum air zam-zam, Arab, latin, dan artinya. (Foto: iStockphoto)

ARN24.NEWS
– Air zam-zam merupakan air suci bagi umat Islam yang memiliki banyak keistimewaan. Agar mendapatkan keberkahan, sebaiknya muslim membaca doa minum air zam-zam sebelum mengkonsumsinya.


Doa ini dapat dipanjatkan agar memohon diberikan ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan halal, serta diberikan kesembuhan dari segala penyakit.


Beberapa penelitian membuktikan bahwa air zam-zam memiliki segudang manfaat. Air ini juga disebutkan sebagai air paling murni, seperti dikutip dari buku 13 Misteri di Kota Makkah oleh Dedi.


Tak hanya bisa dikonsumsi untuk menghilangkan rasa haus, air zam-zam mengandung berbagai mineral alami yang bisa menyembuhkan penyakit. Rasulullah SAW pernah menggunakan air zam-zam sebagai penawar penyakit.


Hadis ini telah dishahihkan Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shohihah yang berbunyi:


حَمَلَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى الأَدَاوَى وَالْقِرَبِ وَكَانَ يَصُبُّ عَلَى الْمَرْضَى وَيَسْقِيهِمْ


Artinya: Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam pernah membawa air zam-zam dalam botol atau tempat air. Ada orang yang tertimpa sakit, kemudian beliau menyembuhkan dengan air zam-zam. (HR Al Baihaqy).


Tak hanya itu, air zam-zam juga disebutkan bisa memiliki berbagai khasiat sesuai dengan niat yang diucapkan oleh peminumnya. Rasulullah SAW bersabda:


مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ


Artinya: Air zam zam sesuai dengan apa yang diniatkan peminumnya. (HR Ibnu Majah).


Khasiat yang didapatkan dari mengonsumsi air zam-zam ini tentu atas izin Allah SWT.


Dikutip dari NU Online, berikut ini doa minum air zam-zam yang dapat dipanjatkan sebelum meminumnya.


اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَامٍ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ


Allahumma inni as-aluka i'lman naafi'an, wa rizqan waasi'an, wasyifaa-an min kulli daa-in, wa saqamin birahmatika yaa arhamarraahimiin.


Artinya: Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan kesembuhan dari tiap penyakit dengan rahmatMu. Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.


Itulah doa minum air zam-zam dilengkapi Arab, latin, dan artinya. Semoga bermanfaat! (juh/cnn)