Notification

×

Iklan

Iklan

Gebuk Timor Leste 3-0, Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal SEA Games

Minggu, 07 Mei 2023 | 22:42 WIB Last Updated 2023-05-07T15:42:21Z

Ramadhan Sananta membuka gol kemenangan Indonesia atas Timor Leste pada laga SEA Games 2023. (dok. PSSI)

ARN24.NEWS
– Timnas Indonesia U-22 menang telak atas Timor Leste pada laga fase grup SEA Games 2023 di Stadion Olympic, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (7/5/2023).


Indonesia membuka kans pada menit ketujuh melalui sepakan Witan Sulaeman yang masih bisa diblok kiper Georgino Da Silva.


Timor Leste berupaya menerapkan serangan balik dengan baik melalui Mouzinho yang mencoba membobol gawang Indonesia pada menit kesembilan dan ke-12.


Peluang kembali didapat tim Merah Putih pada menit ke-20. Berawal dari lemparan ke dalam Pratama Arhan, Fajar Fathur Rahman mencoba melepaskan tembakan voli. Bola masih menyamping dari gawang.


Setelah menyerang pertahanan Indonesia, Timor Leste dikejutkan sepakan bebas Alfeandra Dewangga yang membentur mistar gawang Timor Leste pada menit ke-28. Dua menit berselang giliran peluang Ramadhan Sananta yang terbuang. Sepakan Sananta tipis di atas mistar gawang Timor Leste.


Pada menit akhir waktu normal, Indonesia mencetak gol melalui sundulan Sananta yang memaksimalkan umpan Fajar sekaligus menuntaskan gelombang serangan skuad Garuda Muda.


Pada awal babak kedua, Timnas Indonesia U-22 langsung mencoba menekan pertahanan Timor Leste. Keberadaan Bagas Kaffa dan Irfan Jauhari yang menggantikan Rio Fahmi dan Witan Sulaeman juga menambah daya serang.


Sederet peluang didapat, seperti saat umpan Fajar gagal diarahkan Sananta ke gawang Timor Leste pada menit ke-53.


Timnas Indonesia kemudian mencetak gol kedua pada menit ke-62 melalui serangan yang dituntaskan Fajar melalui sepakan dari dalam kotak penalti.


Setelah gol Fajar, Indonesia cukup gencar mencari gol kedua. Di saat sibuk mencari peluang, Timor Leste mencuri peluang. Bola yang disepak Mario Quintao mengenai tiang gawang pada menit ke-69.


Skor berubah lagi pada menit ke-76 ketika Fajar mencetak gol kedua pada laga kali ini. Mencoba memaksimalkan bola liar hasil blok lawan mengadang tendangan Beckham Putra, tendangan pertama Fajar masih bisa diblok kiper Georgino Da Silva.


Percobaan kedua Fajar memaksimalkan bola pantul dari mistar gawang dengan gerakan agak akrobatik membuat bola bersarang di gawang Timor Leste.


Dalam sisa laga Timor Leste mencoba memperkecil jarak dan Indonesia juga berupaya menambah gol. Skor 3-0 untuk Indonesia bertahan hingga laga bubar. 


Tambahan tiga poin membuat Timnas Indonesia U-22 kukuh di puncak klasemen. Fajar dan kawan-kawan meraih hasil sempurna dari tiga laga yang telah dilakoni sehingga lolos ke babak semifinal. (nva)