Notification

×

Iklan

Iklan

Kajati Sumut Potong Tumpeng dan Berikan Penghargaan Peringati HUT ke-72 Persaja

Senin, 08 Mei 2023 | 19:18 WIB Last Updated 2023-05-08T12:18:55Z

Kajati Sumut Idianto SH MH saat memotong tumpeng dalam memperingati HUT ke 72 Persaja. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) Idianto SH MH menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Jaksa Indonesia (Persaja) di halaman Kantor Kejati Sumut Jalan AH Nasution Medan, Senin (8/5/2023).


Upacara peringatan HUT ke-72 Persaja juga diikuti Ketua Persaja Sumut I Made Sudarmawan SH MH (Asintel), para Asisten lainnya, para Koordinator, Kabag TU, para Kasi dan Jaksa di Kejati Sumut.


HUT tahun ini mengusung, tema, 'Sinergi dan Kolaborasi Demi Kemajuan Negeri'. Kajati Sumut membacakan pidato Jaksa Agung RI ST Burhanuddin dan menyampaikan beragam pengalaman dan pembelajaran telah ditempuh Kejaksaan RI hingga saat ini. 


Sejarah profesi Jaksa di Nusantara bahkan sudah dimulai sejak zaman pra kemerdekaan, pasca kemerdekaan, hingga saat ini jauh lebih panjang dari usia Kejaksaan.


Sebagai sebuah organisasi profesi yang juga menjadi wadah tempat berhimpunnya para Jaksa dalam memupuk jiwa korsa dengan semangat kebersamaan, kesatuan dan persatuan, memperkokoh kesetiakawanan, meningkatkan integritas, dan profesionalisme jaksa.


"Persaja tentunya sangat dibutuhkan dalam menopang pelaksanaan perannya sebagai Jaksa maupun dalam kehidupan sehari-hari, agar setiap insan Adhyaksa menyadari dirinya mampu menjadi teladan dan dapat memberikan contoh yang baik bagi lingkungan di mana pun ia berada," kata Idianto.


Eksistensi Persaja, lanjutnya diharapkan mampu menjadi fasilitator dalam membentuk Jaksa sebagai abdi hukum profesional, berintegritas, berkepribadian, berdisiplin, memiliki etos kerja tinggi, penuh tanggung jawab, bermoral dan berhati nurani, sehingga dapat meminimalisir segala bentuk perbuatan tercela yang dilakukan oleh para-Jaksa. 


Sebagai satu-satunya wadah organisasi profesi bagi para jaksa yang menghimpun, menyatukan dan menaungi insan Adyaksa di seluruh Indonesia dengan berlandaskan keilmuan dan kemasyarakatan, serta memperjuangkan tegaknya hukum dengan mengandung makna substansi kepastian, kebenaran dan keadilan.


Selanjutnya, setelah upacara, Kajati Sumut Idianto melakukan pemotongan tumpeng dan diserahkan kepada Asintel I Made Sudarmawan selaku Ketua Persaja Sumut. 


Pada kesempatan itu, Idianto juga memberikan penghargaan kepada Bidang Pidmis sebagai Juara 1 Tercepat dalam memberikan Laporan ke Kejagung RI (pada Kuartal I Januari-Maret 2023) adalah Bidang Pidmil dan penghargaan diterima oleh Aspidmil Kol. Chk Makmur Surbakti SH MH.


Kemudian, untuk Juara 3 tercepat memberikan laporan adalah Bidang Datun dan diterima langsung oleh Asdatun Dr. Prima Idwan Mariza dan dilanjutkan dengan acara ramah-tamah. (sh/rel)