Notification

×

Iklan

Iklan

Prediksi SEA Games, Indonesia VS Thailand: Final Ideal (LIVE RCTI SELASA MALAM PUKUL 19.30 WIB)

Selasa, 16 Mei 2023 | 12:08 WIB Last Updated 2023-05-16T05:08:27Z

ARN24.NEWS --
Timnas Indonesia U-22 menghadapi Timnas Thailand pada babak final sepak bola SEA Games 2023. Duel akan berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023) pukul 19:30 WIB. Timnas Indonesia U22 secara dramatis sukses mengalahkan Vietnam U22 di semifinal SEA Games 2023 cabor sepak bola putra, lewat skor 3-2. 

Bermain dengan 10 pemain sejak awal babak kedua, Garuda Muda justru mampu mengunci tiket final lewat gol kemenangan yang tercipta jelang akhir laga. Di sisi lain, Thailand U22 berjumpa Myanmar U22 di semifinal SEA Games 2023. Dalam laga tersebut The War Elephant secara meyakinkan unggul telak 3-0, sekaligus menyusul Indonesia ke pertandingan puncak. 

Baik Indonesia mau pun Thailand sama-sama belum pernah menelan kekalahan sejak pertandingan fase grup. Ini jelas menjadi final ideal untuk cabor sepak bola putra, sekaligus menjadi pembuktian bagi kedua tim tersebut. 

Timnas Indonesia punya rekor sempurna alias selalu menang di SEA Games 2023. Garuda Muda jelas bakal menjadi lawan sepadan untuk Thailand, yang sama-sama mengincar medali emas sepak bola SEA Games tahun ini. Dikutip dari Antara, pelatih Timnas Indonesia Indra Sjafri mengatakan skuadnya siap untuk merebut medali emas SEA Games 2023. 

Kendati tidak diperkuat Pratama Arhan, yang terkena kartu merah di semifinal, Merah Putih tetap memiliki deretan pemain lain yang dapat diandalkan. Mengisi slot full bek kiri yang ditinggalkan Arhan, pelatih Indra Sjafri berpeluang memainkan Haykal Al Hafiz. Haykal terhitung sudah turun 2 kali di SEA Games 2023, termasuk ketika menjadi pemain pengganti saat melawan Vietnam di semifinal. 

"Tidak ada Pratama Arhan [yang mendapat kartu merah] pun kami masih memiliki Haykal Al Hafiz. Kami menganggap 20 pemain yang dibawa [ke SEA Games 2023] adalah yang terbaik, dan tidak membeda-bedakan antara Arhan atau Haykal," kata Indra Sjafri. 

Namun demikian, kehilangan Arhan jelas mengurangi peluang timnas untuk melakukan skema serangan lewat lemparan jauh atau long throw, yang kerap menjadi ancaman bagi lawan. Sepanjang SEA Games 2023 ini aksi Arhan lewat lemparan jauhnya terbukti sudah menghasilkan beberapa peluang yang berujung 2 gol. 

Di sisi lain, Thailand U22 yang gagal meraih emas dalam beberapa edisi terakhir SEA Games bertekad untuk membayarnya tahun ini. Terlebih secara head to head (H2H) The War Elephant terhitung unggul atas Indonesia. Kedua tim terakhir bertemu di semifinal SEA Games 2021 di Vietnam. Saat itu Thailand U22 berhasil mengalahkan Indonesia dengan skor 1-0, melalui gol tunggal Weerathep Phompan di babak perpanjangan waktu.

Catatan ARN24.NEWS
 
Indonesia dan Thailand diprediksi sama-sama menggunakan formasi 4-3-3. Pelatih Indra Sjafri, bisa mengandalkan Fajar Fathurrahman, Witan Sulaeman, dan Ramadhan Sananta di posisi penyerang. Sementara Marselino Ferdinan bermain sebagai playmaker. 

Thailand di lain pihak, dapat mengandalkan Teerasak Poeiphimai yang sudah mencetak 4 gol. Ia bisa ditemani Leon James dan Achitpol Keereerom. Adapun di lini belakang terdapat duet bek Jonathan Khemdee dan Songchai Thongcham.

Dari rekor head to head (H2H) Thailand lebih unggul atas Indonesia ketika berjumpa di SEA Games. Dalam 5 pertemuan terkini dalam ajang multievent negara Asia Tenggara tersebut, The War Elephants berhasil 3 kali memetik kemenangan, dan 1 kali tumbang di tangan Garuda Muda. 

Sementara satu-satunya kemenangan Indonesia atas Thailand dalam periode tersebut, terjadi saat penyisihan grup SEA Games 2019 silam. Kala itu Garuda Muda yang juga dilatih Indra Sjafri, berhasil menang dengan skor 2-0.

Jika melihat perjalanan kedua kesebelasan di SEA Games 2023, langkah Timnas Indonesia U-22 cenderung lebih mulus. Garuda Muda belum selalu menang sejak babak penyisihan. Sementara itu, Thailand masih sempat bermain imbang di fase grup ketika berhadapan dengan Vietnam. Akan tetapi, lawan yang dihadapi tim Gajah Perang cenderung lebih berat dibanding Indonesia.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN: 
Indonesia U-22 (4-3-3): Ernando Ari; Haykal Alhafiz, Rizky Ridho, Komang Teguh, Rio Fahmi; Alfeandra Dewangga, Ananda Raehan, Marselino Ferdinan; Fajar Fathur Rahman, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta. (Pelatih: Indra Sjafri) 

Thailand U-22 (4-3-3): Soponwit Rakyart; Phongsakon Trisat, Jakkrapong Sanmahung, Songchai Thongcham, Chatmongkol Rueangthanarot; Airfan Doloh, Leon James, Purachet Thodsanit; Channarong Promsrikaew, Teerasak Poeiphimai, Achitpol Keereerom. (Pelatih: Issara Sritaro) 

STATISTIK: 
INDONESIA Menang: 45%
Imbang: 30%
THAILAND Menang: 25%
SKOR: 1 - 0 (0 : 0). (nt/sumber)