Notification

×

Iklan

Iklan

Raja Charles III Resmi Dinobatkan Jadi Raja Inggris

Sabtu, 06 Mei 2023 | 20:25 WIB Last Updated 2023-05-06T13:25:45Z

Rombongan Raja Charles III dan keluarga kerajaan setelah penobatan. (AP/Vadim Ghirda)

ARN24.NEWS
– Raja Charles III resmi dinobatkan sebagai Raja Inggris baru menggantikan mendiang Ratu Elizabeth II yang tutup usia pada September tahun lalu usai menjabat selama 70 tahun.


Raja Charles telah disematkan mahkota oleh Uskup Agung Canterbury Justin Welby. Ia juga menerima sumpah setia dari para anggota keluarga kerajaan semua yang hadir di acara tersebut.


Selepas penobatannya, Charles menuju Istana Buckingham bersama dengan Ratu Camilla. Ia tampak menyapa para warga yang berkumpul di sepanjang jalan.


Sorak sorai warga mengiringi langkah kereta kudanya serta kereta kuda para anggota keluarga kerajaan. Di belakang kereta Charles, salah satu kereta yakni dinaiki Pangeran William dan keluarga.


Pangeran William; istrinya, Kate Middleton; serta putra putrinya, Pangeran George, Pangeran Louis, dan Putri Charlotte juga tampak sesekali melambaikan tangan menyapa warga. Mereka melempar senyum hangat di hari bahagia tersebut.


Setelah tiba di Istana Buckingham, Charles dan Camilla akan melanjutkan perjalanan ke taman untuk Royal Salute dari anggota angkatan bersenjata.


Selepasnya, mereka akan bergabung dengan anggota keluarga kerajaan lainnya di balkon istana. Di sana mereka akan menyapa warga secara terbuka.


Prosesi akhir penobatan yaitu menyaksikan parade udara atau flypast pesawat militer modern yang akan dibawakan oleh Angkatan Udara Inggris. (blq/sur)