Notification

×

Iklan

Prediksi Indonesia VS Argentina: Langit-Bumi...(LIVE RCTI SENIN MALAM PUKUL 19.30 WIB)

Senin, 19 Juni 2023 | 11:09 WIB Last Updated 2023-06-19T04:10:01Z

ARN24.NWS --
FIFA Matchday antara Indonesia vs Argentina diibaratkan Langit dan Bumi. Pasalnya, laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023) pukul 19.30 WIB, itu sungguh jauh dari perbedaan peringkat. Timnas Agentina yang menduduki posisi 1 dan Indonesia hanya bertengger di urutan 149 FIFA.

Sejauh ini rombongan Timnas Argentina sudah tiba di Indonesia, pada Jumat (16/6/2023) malam pukul 21.50 WIB. La Albiceleste baru saja melakoni laga resmi friendly match kontra Australia di Beijing, China, pada Kamis (15/6/2023), dan sukses memetik kemenangan 2-0. Dalam lawatan ke Indonesia, tim juara Piala Dunia 2022 itu datang tanpa diperkuat 3 pilar utama, yakni: Lionel Messi, Nicolas Otamendi, serta Angel Di Maria. 

Absennya La Pulga jelas menyisakan lubang di lini tengah Argentina. Lalu siapa yang berpeluang mengisi posisi yang ditinggalkan Messi? Tanpa Messi AFA (Asociación del Fútbol Argentino) atau PSSI Argentina sudah merilis daftar nama resmi yang diusung untuk laga melawan Timnas Indonesia, dalam pertandingan bertajuk FIFA Match Day 2023. 

Tidak ada nama Lionel Messi dalam daftar tersebut. Artinya, La Pulga hanya tampil untuk pertandingan pertama melawan Australia, dan ia turut menyumbang 1 gol. Mantan bintang lapangan Barcelona dan PSG sekaligus kapten timnas Argentina itu dipastikan absen kontra Timnas Indonesia. Di lini depan, Timnas Argentina asuhan Lionel Scaloni masih menyisakan sejumlah pemain top yang juga bermain untuk klub-klub besar Eropa. 

Salah satu pemain yang bisa menjadi opsi utama pengganti Messi adalah Julian Alvarez. Penyerang 23 tahun itu baru saja mengantar Manchester City meraih treble winners atau 3 gelar sekaligus dalam 1 musim (Liga Inggris, FA Cup, dan Liga Champions). Ketajaman Alvarez yang sudah melesakkan total 17 gol dari 49 penampilan pada musim perdana bersama Man City, bisa menjadi ancaman nyata bagi lini pertahanan Indonesia. 

Mantan bomber River Plate itu juga masuk skuad Argentina ketika menyabet gelar Piala Dunia 2022 di Qatar, serta Copa América 2021. Berbekal segudang prestasi mentereng, Julian Alvarez diprediksi dapat menunjukkan kepiawaiannya di Stadion GBK. La Albiceleste masih menyimpan sejumlah bomber yang tak kalah garang, seperti: Giovanni Simeone (Napoli), Nicolas Gonzalez (Fiorentina), hingga bintang muda Manchester United, Alejandro Garnacho. 

Di lain sisi, Indonesia sudah melakukan rangkaian persiapan untuk meladeni sang juara dunia. Kendati kubu lawan minus Lionel Messi, hal ini tidak akan mengurangi kewaspadaan tuan rumah. Pada Rabu (14/6/2023) lalu, Tim Garuda sempat melakoni uji coba resmi melawan Timnas Palestina di Surabaya. Laga tersebut berakhir imbang tanpa gol. Terkait calon lawan berikutnya, Indonesia di atas kertas memang masih kalah kelas dari tim tamu. 

Mengacu ranking FIFA, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan menempati urutan 149, sedang Argentina bertengger di posisi 1 dunia. Meski demikian, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia berharap anak asuhnya dapat bermain lepas ketika menghadapi Timnas Argentina. 

"Seperti yang kita tahu, Argentina memang tim terbaik di dunia. Makanya dalam persiapan yang terpenting dari pemain sendiri, dari hati pemain bagaimana," ujar Shin. "Saya ingin meminta pemain untuk menikmati pertandingan tersebut, supaya bisa tampil rileks," sambung juru taktik asal Korea Selatan itu, dikutip dari laman federasi.

Catatan ARN24.NEWS 
 
Ini akan menjadi salah satu laga paling bergengsi yang pernah dimainkan Timnas Indonesia. Pasalnya, lawan mereka adalah raksasa Amerika Latin yang baru saja menjuarai Piala Dunia 2022, Argentina.
Argentina memang tidak bakal diperkuat Angel Di Maria maupun sang kapten Lionel Messi. Namun, meski tidak full team, dan starting XI mereka pun kemungkinan besar akan dirotasi, Argentina tetap lawan yang sangat tangguh seiring sederet pemain bintang yang mereka miliki.

Bek andalan Timnas Indonesia, Jordi Amat, berpeluang turun untuk mengawal lini pertahanan Tim Garuda usai absen ketika duel kontra Palestina. Pemain klub JDT di Liga Malaysia tersebut dapat berduet dengan Elkan Baggott di jantung pertahanan. Sementara Timnas Argentina diyakini bakal merombak susunan lini depan. Alejandro Garnacho dan Julián Álvarez berpeluang masuk susunan starting XI.

Sejauh ini Timnas Indonesia dan Argentina belum pernah bertemu dalam laga resmi internasional. Sementara jika berdasar hasil 5 pertandingan terkini di semua ajang, kubu Argentina terbilang masih lebih baik ketimbang Indonesia. La Albiceleste sukses menyapu bersih seluruh laga dalam periode tersebut. Di lain sisi, Garuda hanya mengemas 1 kali menang, 3 imbang, dan 1 kalah.

Indonesia cuma kalah 1 kali dalam 7 laga terakhirnya, tapi juga cuma menang 2 kali selama periode itu. Indonesia tak terkalahkan dalam 9 laga friendly terakhirnya. Tim-tim CONMEBOL yang sebelumnya pernah dihadapi Indonesia adalah Paraguay (M0 S0 K1) dan Uruguay. Argentina cuma kalah 1 kali dalam 46 laga terakhirnya. 

Argentina selalu mencetak minimal 2 gol dalam 9 laga terakhirnya. Argentina mencatatkan 4 clean sheet dalam 5 laga terakhirnya. Argentina selalu menang dengan margin minimal 2 gol dan selalu tanpa kebobolan dalam 7 laga friendly terakhirnya.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN: 
Indonesia (4-3-3): Syahrul Trisna; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Edo Febriansyah; Marselino Ferdinan, Marc Klok, Stefano Lilipaly; Yacob Sayuri, Dendy Sulistyawan, Rafael Struick. (Pelatih: Shin Tae-yong) 

Argentina (4-3-3): Geronimo Rulli; Nahuel Molina, Leonardo Balerdi, German Pezzella, Marcos Acuna; Exequiel Palacios, Leandro Paredes, Giovani Lo Celso; Lucsa Ocampos, Julian Alvarez, Alejandro Garnacho. (Pelatih: Lionel Scaloni) 

5 LAGA TERAKHIR INDONESIA: 
06/01/23 Indonesia 0-0 Vietnam (Piala AFF)
09/01/23 Vietnam 2-0 Indonesia (Piala AFF)
25/03/23 Indonesia 3-1 Burundi (Friendly)
28/03/23 Indonesia 2-2 Burundi (Friendly)
14/06/23 Indonesia 0-0 Palestina (Friendly).

5 LAGA TERAKHIR ARGENTINA: 
14/12/22 Argentina 3-0 Kroasia (Piala Dunia)
18/12/22 Argentina 3-3 Prancis (Piala Dunia)
24/03/23 Argentina 2-0 Panama (Friendly)
29/03/23 Argentina 7-0 Curacao (Friendly)
15/06/23 Argentina 2-0 Australia (Friendly).

STATISTIK: 
INDONESIA Menang: 20%
Imbang: 25%
ARGENTINA Menang: 65%
SKOR: 0 - 3 (2 1/4 : 0). (nt/sumber)