Notification

×

Iklan

Laptop Mati Total Jangan Diservice Dulu, Coba Cara Ini.....

Senin, 04 September 2023 | 19:08 WIB Last Updated 2023-09-04T12:08:29Z

ARN24.NEWS --
Cara menghidupkan laptop yang mati total tidak sulit dilakukan. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menghidupkan kembali laptop. Ada banyak penyebab laptop tidak bisa menyala. 

Masalah ini bisa dikarenakan adaptor daya, monitor laptop, memori, hingga kerusakan komponen pada motherboard. Jika laptop Anda tiba-tiba mengalami mati secara total, sebenarnya Anda tidak perlu panik dulu. 

Karena, masih ada beberapa solusi yang dapat dikerjakan pengguna sebelum membawanya ke tukang service. Apa saja? 

Cara Menghidupkan Laptop yang Mati Total 
1. Pastikan baterai dan charger laptop terpasang dengan baik, hidupkan laptop 
2. Jika tidak mau menyala, Anda bisa mencoba mengganti baterai atau adaptor lain yang berkondisi baik 
3. Jika masih tidak ingin menyala, coba buat memindahkan charger pada stop kontak atau lubang colokkan lain 
4. Jika permasalahan ini belum tertangani, Anda bisa mencabut baterai dan adaptor yang digunakan 
5. Tekan tombol power di laptop selama kurang lebih 30 detik 6. 

Terakhir, nyalakan kembali laptop seperti biasanya. Lantas bagaimana jika laptop Anda mati tapi tidak dapat dihidupkan? Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk solusinya: 

1. Cabut dan Pasang Baterai Laptop Baca Juga Cara Melihat Kata Sandi IG di Ponsel Android, iPhone, dan Laptop/PC, Gampang Banget Jika mempunyai perangkat jadul, cara ini dapat dilakukan dengan mudah. Sehabis terpasang, coba hidupan laptop. Pada umumnya, metode ini dapat dihidupkan kembali tanpa proses tambahan. 

2. Hidupkan Laptop Menggunakan Charger Tanpa Baterai 
Coba charger langsung laptop tanpa memasang baterainya. Hal ini ditujukan untuk mengenalai apakah baterai menghadapi corsleting atau tidak. 

3. Cabut Memory dan Pasang Kembali 
Cabut memory, bersihkan memory itu dan pasang kembali. Setelah itu, coba hidupkan laptop yang mati tersebut. Jika belum mendapatkan reaksi sama sekai, coba hidupkan laptop tanpa memory dan amati apa yang terjadi.  

4. Ubah Prosesor 
Coba ganti prosesor dan lakukan pengetesan. Jika laptop dapat dihudupkan, berartk masalahnya ada di proses yang mengalami kerusakan.  Itu tadi cara menghidupkan kembali laptop yang mati total. (ins/nt)