Notification

×

Iklan

Iklan

Nataru Kunjungan Wisata di Karo Naik, Ini Dia Lokasi Favorit Wisatawan

Selasa, 26 Desember 2023 | 23:47 WIB Last Updated 2023-12-26T16:47:13Z

Bukit Gundaling Karo (Foto: Dok. Disbudpar Sumut)

ARN24.NEWS
– Kunjungan wisata ke Kabupaten Karo mengalami peningkatan saat Natal dan Tahun Baru (Nataru). Peningkatan mulai tampak sejak H-2 perayaan Natal.


"Saya perkirakan 20-25 persen ada kenaikan untuk wisata di Karo. Puncak kunjungan wisatawan ini kita perkirakan sampai 3 Januari 2024 nanti," ungkap Kadis Pariwisata Kabupaten Karo Munar Ginting, Selasa (26/12/2023).


Munar menyebutkan ada beberapa area wisata yang menjadi favorit wisatawan, di antaranya ada Bukit Gundaling hingga Siosar. Ia menyebut kunjungan wisatawan hampir merata untuk destinasi wisata di Karo.


"Ketika pertama dibuka Siosar itu over ya, tapi sekarang sudah ada pemerataan. Ini ada di daerah Gundaling dan juga ada Tangke Tabu yang memang kawasan hutan yang dikelola kelompok ke masyarakat hutan, juga ada di Gundaling Farm," ujarnya.


"Nah, saya lihat saat libur-libur seperti ini kawasan Kecamatan Merek yaitu di Gajah Bobok," lanjutnya.


Sementara itu, Munar menyebutkan bahwa selain tempat wisata, okupansi hotel juga ikut naik sebesar 30-40 persen mulai 23 Desember 2023.


"Kalau untuk sekarang, saya cek dari hotel ke hotel khususnya hotel bintang untuk libur Natal tanggal 23 Desember ini ada lonjakan tamu 30-40 persen, itu rata-rata penuh semua," ujarnya.


Sementara itu, Munar menyebutkan bahwa pihak Dinas Pariwisata Karo juga telah mengeluarkan surat edaran kepada pengelola untuk dapat menjaga pelayanan dan kenyamanan pengunjung.


"Sesuai surat edaran Bupati kepada pengelola untuk memberikan kenyamanan dalam pelayanan, terkhusus juga adanya informasi terkait Covid-19, kita buat surat edaran itu untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan, serta kerumunan," ucap Munar. (dts/sh)