Notification

×

Iklan

Iklan

Ustadz di Medan Nyaris Dibegal Klewang saat Pergi ke Masjid

Senin, 25 Desember 2023 | 21:30 WIB Last Updated 2023-12-25T14:30:17Z

Ustadz H. M. Amin Dalimunthe menjadi korban begal di kawasan Jalan Kanal STM, Kecamatan Medan Johor, Minggu (24/12/2023) subuh. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
- Seorang Ustadz di Medan, H. M. Amin Dalimunthe menjadi korban begal di kawasan Jalan Kanal STM, Kecamatan Medan Johor, Minggu (24/12/2023) subuh.


Informasi dihimpun, korban dibegal saat akan  mengisi jadwal kuliah subuh di Masjid Al Munawaroh Jalan STM, Suka Cerdas, Kecamatan Medan Johor.


Di saat adzan subuh sedang berkumandang, korban mengendarai sepeda motor bersama keponakannya, hampir sampai ke lokasi yang dituju. Namun di lokasi, korban dicegat oleh tiga pria usia remaja dengan membawa senjata klewang.


Lokasi yang hampir berdekatan dengan masjid yang dituju dalam keadaan sepi, sementara pelaku langsung mengancam korban agar menyerahkan barang berharga yakni sepeda motor dan telepon selular Android.


Mendapat ancaman itu, Ustadz Amin Dalimunthe dan keponakannya sempat berusaha melakukan perlawanan, namun para pelaku yang beringas mengancam dengan klewang panjang, membuat korban tidak berdaya karena khawatir nyawa akan menjadi taruhannya.


Pengurus dan jamaah Masjid Al Munawaroh yang mendapat kabar terjadinya aksi begal terhadap Ustad Amin Dalimunthe sempat kaget dan keluar untuk menemui korban.


Meski korban tak dianiaya oleh pelaku begal, namun korban bersama pihak pengurus dan jamaah masjid langsung berkumpul dan berdiskusi membahas peristiwa tersebut selesai shalat subuh berjamaah.


Ketua Pengurus BKM Al Munawaroh, Ustad H. M. Arifin S.Ag  membenarkan terjadinya aksi begal yang dialami oleh ustadz Amin Dalimunthe menjelang waktu shalat subuh di dekat Masjid Al Munawaroh tadi pagi.


“Pihak kepolisian sudah turun ke lokasi dan mengumpulkan keterangan,” sebutnya.


Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Medan, Ir. H. Ahmad Parlindungan Batubara pun angkat bicara terkait aksi begal yang dialami ustadz Amin Dalimunthe.


”Yang perlu kita garis bawahi, polisi harus memberi dan menjamin rasa aman kepada masyarakat yang akan bepergian beribadah subuh, termasuk para ustadz untuk melaksanakan aktivitasnya mengisi pengajian," katanya.


Ia pun berharap kepada pihak kepolisian agar segera meringkus pelaku begal yang terjadi dekat Masjid Al Munawaroh.


"Sementara kepada Pemko Medan, kami meminta agar segera mengganti lampu penerangan jalan (LPJ) yang mati di kawasan Kanal STM dan Kanal Marindal," pungkasnya. (omc/ans)