Notification

×

Iklan

Iklan

Kapolres Simalungun dan Bawaslu Berkoordinasi Demi Suksesi Pemilu 2024

Jumat, 12 Januari 2024 | 17:49 WIB Last Updated 2024-01-12T10:49:45Z

ARN24.NEWS --
Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala berkunjung ke Kantor Bawaslu, Jumat (12/1/2024) siang. Kegiatan ini dihadiri Kasat Intelkam Polres Simalungun Iptu Teguh Raya Putra Sianturi dan personel Polres Simalungun yang terlibat dalam Satgas Gakumdu. 

Sementara pihak Bawaslu Simalungun terdiri dari Ketua Bawaslu Adillah Februari Purba, Komisioner Surya Indra Ariawan, Charlles Munthe, Purba Dimanson Purba, Sekretaris Safrul, beserta staff.

"Memang tidak dapat kita pungkiri bahwa dinamika politik di wilayah kita saat ini semakin hangat. Kita menghadapi berbagai tantangan dan kesempatan dalam melaksanakan proses demokrasi yang berkualitas. Kepolisian Simalungun memahami perfeksinya situasi ini dan kami selalu siap menjaga stabilitas keamanan," sebut AKBP Choky.

Dia pun mengakui bahwa sejauh ini Gakumdu sudah melakukan fungsinya dengan baik. Untuk itu pihaknya ingin mendapat konfirmasi langsung dari Bawaslu agar tetap menjalin kerja sama yang lebih baik lagi di masa yang mendatang. 

 "Untuk itu kami ingin menyampaikan bahwa Polres Simalungun tidak pernah berhenti untuk memantau perkembangan dinamika politik di Kabupaten Simalungun. Ini bagian dari tugas kami untuk mengamankan proses demokrasi dan mencegah terjadinya pelanggaran yang mungkin mengganggu integritas Pemilu," tambahnya.

Mengenai netralitas Polri, AKBP Choky kembali menegaskan bahwa di internalnya sendiri sudah ada banyak aturan yang mengikat anggota untuk tetap bersikap netral selama proses Pemilu berlangsung. 
Tak lupa, Polres Simalungun selalu terbuka dan siap berkoordinasi serta berkomunikasi dengan Bawaslu Kabupaten Simalungun. 

"Saya ingin menyatakan komitmen Polres Simalungun untuk mendukung penuh Bawaslu Simalungun dalam mensukseskan Pemilu tahun 2024. Tugas kami tidak hanya sebatas menjamin keamanan namun juga mendukung pengawasan Pemilu yang efektif dan efisien," ungkapnya. 

Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk menjaga kualitas dan integritas dalam penyelenggaraan pemilu serta membangun kesadaran publik atas pentingnya partisipasi dalam pengawasan pemilu.

Dari sisi Bawaslu, Ketua Adillah Februari Purba menegaskan bahwa sinergi yang terjalin selama ini telah sangat baik. Kegiatan kunjungan ini merupakan manifestasi dari upaya bersama antara aparat penegak hukum dan lembaga pengawas pemilu dalam menciptakan kondisi yang kondusif bagi demokrasi yang sehat di Kabupaten Simalungun.(war)