Notification

×

Iklan

Iklan

KPP Pratama Medan Polonia Apresiasi Keberadaan Pojok E-Filing USU

Sabtu, 23 Maret 2024 | 02:38 WIB Last Updated 2024-03-22T19:38:58Z

ARN24.NEWS --
Kegiatan Pojok e-Filing kembali dilaksanakan di aula Fakultas Vokasi USU selama tiga hari, 20-22 Maret 2024. Pojok e-Filing penyampaian SPT Pajak Penghasilan Orang Pribadi (PPh OP) ini merupakan kerjasama antara Tax Centre USU, Program Studi Diploma III Adm Perpajakan Fakultas Vokasi USU dan Biro Keuangan USU dengan KPP Pratama Medan Polonia. 

Acara ini dihadiri Wakil Dekan I Fakultas Vokasi USU M Husni Thamrin Nasution, Ka Prodi D3 Administrasi Perpajakan USU yang juga Ketua DPW Perpapsi Sumut Faisal Eriza, Staf Tax Centre USU sekaligus pengurus DPP Perpatpsi Indra Efendi Rangkuti, Ka Sie Pelayanan KPP Pratama Medan Polonia Syahrul Mufti, Staf Program Studi D3 Adm Perpajakan USU Firman Logos Tarigan USU dan lainnya. 

Mewakili Kepala KPP Pratama Medan Polonia Ka Sie Pelayanan Syahrul Mufti mengapresiasi atas kesediaan USU untuk memfasilitasi dibukanya Pojok e-Filing. 

"Kita berharap Pojok e-Filing ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh sivitas akademika USU untuk dapat menyampaikan SPT PPh OP 2023 tepat waktu dan benar," urainya, Jumat (22/3/2024). 

Bagi KPP Pratama Medan Polonia, Syahrul menambahkan, bahwa USU adalah mitra strategis dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. 

Dan kehadiran Pojok Pajak ini adalah bukti komitmen dari Kanwil DJP Sumut I khususnya KPP Pratama Medan Polonia demi mempermudah masyarakat khususnya sivitas akademika USU untuk memenuhi kewajiban perpajakannya dalam menyampaikan SPT PPh OP Tahun 2023 secara baik, lengkap dan benar. 

Selain itu, Syahrul menyampaikan bahwa Pojok e-Filing ini tidak hanya melayani pengisian SPT PPh OP tapi juga melayani Wajib Pajak yang akan melakukan pemadanan NIK menjadi NPWP yang merupakan amanat dari UU No.7 Tahun 2021 Tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP).

Wakil Dekan I Fakultas Vokasi USU M Husni Thamrin Nasution mengucapkan terimakasih kepada KPP Pratama Medan Polonia yang telah mempercayakan USU sebagai salah satu tempat untuk membuka Pojok e-Filing pada tahun 2024 ini. 

Dia pun berharap seluruh sivitas akademika USU dapat memanfaatkan secara maksimal Pojok e-Filing untuk mengatasi kendala-kendala mau pun kekurangpahaman dari para sivitas akademika dalam pengisian SPT secara elektronik ini. 

"Dengan keberadaan Pojok e-Filing ini memudahkan pelayanan bagi sivitas akademika USU dalam melaporkan SPT PPh OP 2023 yang merupakan bagian dari kewajiban sebagai Wajib Pajak pada setiap tahun dan juga memudahkan sivitas akademika USU yang ingin melakukan pemadanan NIK menjadi NPWP," ungkap Husni Thamrin.

Kegiatan Pojok e-Filing ini adalah bagian dari Nota Kesepahaman tentang Kerjasama Perpajakan antara Universitas Sumatera Utara dan Kanwil DJP Sumut I yang ditandatangani pada 26 April 2021 lalu. 

Dalam kegiatan Pojok e-Filing ini ada beberapa jenis pelayanan yang diberikan. Di antaranya pengurusan e-Filing Identification Number (EFIN), bimbingan pengisian SPT PPh OP dan penyampaian SPT PPh OP secara elektronik melalui website http://www.djponline.pajak.go.id ,pelayanan pemadanan NIK menjadi NPWP serta konsultasi perpajakan.

Kehadiran Pojok e-Filing ini juga sangat membantu bagi warga USU karena warga USU cukup datang ke Aula Fakultas Vokasi USU untuk melapor SPT maupun mengurus e-Filing Identification Number (EFIN) serta pemadanan NIK menjadi NPWP tanpa repot ke Kantor Pelayanan Pajak tempat Wajib Pajak terdaftar.

Dalam kegiatan ini sivitas akademika USU yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan cukup antusias melapor SPT dan berkonsultasi tentang kewajiban perpajakannya. Demikian juga dengan warga sekitar USU yang juga turut memanfaatkan pelayanan di Pojok e-Filing tersebut. (saze)