Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Pakpak Bharat dan Samosir Teken MoU Pembangunan Antar Daerah

Rabu, 03 April 2024 | 20:02 WIB Last Updated 2024-04-03T13:02:39Z

ARN24.NEWS --
Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor bersama Bupati Samosir Vandiko Timoteus Gultom, menandatanganani kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama pembangunan antar daerah di komplek Balai Benih Ikan, Desa Janji Martahan, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Rabu (3/4/2024). 

Kerjasama itu nantinya akan mencakup kerja sama dalam pengembangan dan pertukaran teknologi perikanan dan tanaman bawang merah, suplay ikan dan bawang merah dari Samosir ke Pakpak Bharat. 
Kemudian, suplay gambir dari Pakpak Bharat untuk pewarna ulos di Samosir, serta bambu sebagai bahan baku kerajinan di Samosir, dan berbagai peluang kerjasama lainnya. 

Franc berharap kerjasama antara dua kabupaten itu menjadi saluran berkat bagi dua wilayah bertetangga itu. Telah dibicarakan juga tentang keterbukaan akses kedua daerah. 

"Dua daerah ini harus saling bekerjasama dan saling mendorong menuju kemajuan. Kami punya gambir sebagai pewarna ulos yang banyak diproduksi di Samosir, dan Samosir akan membantu ketersediaan ikan air tawar di Kabupaten Pakpak Bharat," kata Franc. 

Sementara Vandiko berharap kerjasama itu adalah untuk keuntungan kedua daerah, terutama kesejahteraan masyarakat.  "Tentu ini semua bagus bagi kita, bagus bagi petani kita, dan sekali lagi tujuan dari semua ini adalah kesejahteraan masyarakat," ujar Vandiko. 

Secara umum, objek kerjasama itu meliputi bidang pertanian dan perikanan, pariwisata, UMKM dan perdagangan, pekerjaan umum dan penataan ruang, komunikasi dan informatika, dan urusan pemerintahan lainnya. 

Bersamaan dalam acara itu, kedua bupati tersebut menyaksikan penandatanganan kerjasama tentang pengembangan produk unggulan pertanian dan perikanan, oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat, Adei Johan M Banurea dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Samosir, Tumiur Gultom. 

Selain itu kerjasama bidang pembinaan dan fasilitator perdagangan komoditi bawang merah, perikanan dan UMKM oleh Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan UMKM Pakpak Bharat, Sahat Parulian Boangmanalu dan Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, Tenaga Kerja dan UMKM Samosir, Rista Sitanggang. 

Sebelum melaksanakan penandatanganan kerjasama, Vandiko Gultom mengajak Franc Bernhard Tumanggor berkeliling area Balai Benih Ikan dan melakukan penanaman pohon aren di area yang terhampar luas di tempat itu. (braniko cibro)