Notification

×

Iklan

Iklan

Sukseskan Reforma Agraria 2024, BPN Medan Komitmen Wujudkan Pemanfaatan Tanah Berkeadilan

Senin, 22 April 2024 | 14:06 WIB Last Updated 2024-04-22T07:06:04Z

Kepala Kantor (Kakan) BPN Medan Reza Andrian Fachri, SH, MH saat mendeklarasikan Reforma Agraria 2024 bersama stakeholder terkait di Aula BPN Medan. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
— Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Medan berkomitmen menyukseskan Gerakan Sinergi Reforma Agraria (GSRA) 2024, dengan menjalin kolaborasi dan sinergitas kepada stakeholder terkait demi mewujudkan pemanfaatan tanah berkeadilan. 


Hal tersebut disampaikan langsung Kepala Kantor (Kakan) BPN Medan Reza Andrian Fachri, SH, MH dalam kata sambutannya yang dihadiri wartawan, usai mengikuti Deklarasi Gerakan Sinergi Reforma Agraria (GSRA) 2024 di Aula Kantor BPN Medan, Senin (22/4/2024) secara virtual pada acara yang berlangsung di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. 


"Kebijakan Reforma Agraria merupakan upaya untuk menata kembali hubungan antara masyarakat dengan tanah yaitu, menata kembali penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan berkeadilan," kata Reza Andrian Fachri. 


Reforma Agraria secara sederhana dapat kita pahami sebagai kegiatan penataan aset dan penataan akses dimana muaranya untuk kemakmuran rakyat, ujar Reza, penataan aset kita lakukan  melalui sertifikasi tanah (PTSL), redistribusi tanah, dan legalisasi aset lainnya. 


"Dan untuk penataan akses kita lakukan melalui pemberian kesempatan akses permodalan, pasar, penyediaan sarana  prasarana maupun bantuan lain kepada subjek Reforma Agraria yang berbasis pada pemanfaatan tanah," ungkapnya. 


Dengan adanya kegiatan GSRA pada hari ini, imbuh Kakan, kita harapkan bersama ini merupakan momentum kolaboratif dan sinergitas.


"Semoga terwujudnya Reforma Agraria Berkeadilan untuk kemakmuran masyarakat. Ayo sukseskan Reforma Agraria, tanah harus memberikan manfaat untuk masyarakat," pungkas Kakan BPN Medan Reza Andrian Fachri, SH, MH. 


Turut hadir dalam kegiatan, Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Medan M. Sofyan, Camat, Lurah dan pihak terkait bersama membacakan deklarasi, "Kami berkomitmen untuk bersinergi mewujudkan cita - cita Reforma 

Agraria dalam upaya mengurangi ketimpangan pemilikan tanah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat."


Amatan wartawan dalam pemutaran video rangkaian acara, BPN Kota Medan sudah gerak cepat dalam realisasi program Gerakan Sinergi Reforma Agraria 2024 dengan memberikan fasilitas sarana dan modal kepada para nelayan dan pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Belawan berkolaborasi dengan Dinas terkait di Pemko Medan serta pihak Bank. 


Serta ditandai dengan penggabungan puzzle oleh Menteri ATR/BPN bersama stakeholder

sebagai simbol 'Sinergi dan Kolaborasi' dan diikuti oleh seluruh Kantor Pertanahan di seluruh Indonesia kemudian.


Sementara itu, Wali Kota Medan melalui sambutan tertulisnya dibacakan M.Sofyan mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Medan menyambut baik gerakan sinergi yang nyata dalam pergerakan ekonomi di Kota Medan, kegiatan ini awal dari menuju ekonomi yang lebih baik, bertujuan juga untuk meningkatkan kesejahteraan di Kota Medan.


"Ini menjadi aspek penting dalam peningkatan akses kepada masyarakat dan untuk menjaga lingkungan hidup.  Pemko Medan  mengapresiasi program Reforma Agraria ini, mari kita bersinergi dan berkolaborasi mendukung agar dapat berjalan dengan baik, lancar serta sukses," pungkasnya. (rfn/ril)