Notification

×

Iklan

Iklan

Kemenag Tanjungbalai Bekali Guru Raudhatul Athfal Kurikulum Merdeka

Jumat, 17 Mei 2024 | 09:13 WIB Last Updated 2024-05-17T02:13:07Z

ARN24.NEWS --
Sejumlah Raudhatul Athfal mendapatkan pelatihan penerapan kurikulum Merdeka dan pengembangan kurikulum operasional Madrasah. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Seksi Pendidikan Madrasah bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama, Kota Tanjungbalai, Rabu (15/5/2024). 

Kegiatan diadakan selama satu hari diikuti sekira 82 orang terbagi atas 3 sesi,. Pelatihan ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta mengenai konsep dan implementasi kurikulum merdeka dalam Madrasah Raudhatul Athfal.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Dr H Al Ahyu mengatakan, para peserta harus serius dalam mengikuti pelatihan sehingga mendapatkan ilmu baru untuk mewarnai Raudhatul Afthal Kota Tanjungbalai lebih baik dari sebelumnya.

Pelatihan juga diisi narasumber lainnya, yakni Fauzi Ananda, yang sudah bersertifikat langsung dari Pusdiklat Jakarta pada 30 September 2023 sebagai peserta Trainer Of Fasilitator Implementasi Kurikulum Merdeka. Fauzi juga aktif di bidang pendidikan dengan materi mengenai Modul Ajar sekaligus dosen di kampus STAI Nurul Ilmi Tanjungbalai. 

Pemateri yang lainnya pengawas Madrasah Kementerian Agama. Di antaranya Saidah, Yulina Rahman, dan Yuninda. Para peserta juga diajak untuk berpartisipasi aktif dalam proses pelatihan. Mereka diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman mengenai pengembangan kurikulum di Madrasah Raudhatul Athfal masing-masing. 

Topik-topik yang dibahas antara lain penentuan tujuan pembelajaran pemilihan metode pembelajaran dan penilaian hasil belajar. Selain itu peserta juga diberikan contoh-contoh rencana pembelajaran dan materi ajar yang dapat mereka gunakan dalam pengembangan kurikulum di Madrasah Raudhatul Athfal mereka. 

Hal ini bertujuan agar peserta dapat memiliki referensi yang jelas dalam membuat kurikulum mereka sendiri. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat memahami modul ajar, konsep dan prinsip kurikulum merdeka serta dapat mengaplikasikannya dalam pengembangan kurikulum operasional. 

Dengan adanya kurikulum merdeka diharapkan pembelajaran di Madrasah Raudhatul Athfal dapat lebih relevan efektif dan menyenangkan bagi para siswa. (saze/rel)