Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Pakpak Bharat Buka Peluang Bagi Pencari Kerja

Selasa, 07 Mei 2024 | 11:56 WIB Last Updated 2024-05-07T04:56:40Z

ARN24.NEWS --
Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Sosial melaksanakan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan bagi para pencari kerja di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

Kepala Dinas Sosial Pakpak Bharat, Supardi Padang, menjelaskan Penyluhan dan Bimbingan Jabatan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan para angkatan kerja dalam memasuki dunia kerja formal. 

"Kegiatan ini sengaja dilaksanakan guna membantu masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat yang merupakan pencari kerja/ adik-adik alumni SMA/SMK Sederajat dalam memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan pemilihan pekerjaan atau jabatan sesuai dengan disiplin ilmu yang diperoleh," jelas Supardi Padang, kemarin.

Dia menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu mengedukasi para pencari kerja dalam memahami, mempersiapkan dan mengembangkan dirinya sesuai persyaratan kerja yang semikin spesifik dan dinamis. 

"Bagaimana pencari kerja untuk dapat memilih/mengikuti program pelatihan kerja dan pekerjaan yang sesuai dengan minat pencari kerja, menginformasikan kepada masyarakat luas terkait dengan perkembangan dunia kerja yang mencakup kondisi ketenagakerjaan sektoral, regional dan nasional serta untuk merubah pola pikir/mindset para pencari kerja," ulasnya.

Prinsip penempatan tenaga kerja adalah “The Right Man on The Right Job”, untuk bisa memenangkan persaingan di pasar kerja sektor formal, pencari kerja harus memiliki 3 kriteria yang dibutuhkan. 
Yaitu Kualifikasi, Kemampuan dan Keahlian,. 

Kegiatan yang dilaksanakan di SMK N 1 Siempat Rube, SMA N 1 Tinada, dan SMK N 1 Pergetteng-Getteng Sengkut ini diisi dengan Penyuluhan dan bimbingan jabatan, penjelasan dan demo penggunaan aplikasi “SIAPKERJA” (Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaa) yang merupakan Platform utama digital layanan publik yang bergerak  di bidang ketenagakerjaan.

"Platform ini bertujuan agar masyarakat, lembaga hingga perusahaan dapat lebih mudah untuk mengakses layanan yang sudah disiapkan," terang Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Sosial, Tumpak Boangmanalu, saat memandu penggunaan aplikasi dimaksud.

Dinas Sosial Kabupaten Pakpak Bharat juga mengundang dan menghadirkan Kepala Cabang Medan PT Mitra Sinergi Sukses, Ricky yang merupakan salah satu Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) ke Jepang. 

Dalam kesempatan ini, Ricky, perwakilan PT Mitra Sinergi Sukses menjelaskan informasi lapangan kerja yang tersedia di Negara Jepang, mekanisme/proses keberangkatan yang sah, pembiayaan, gaji UMR setelah dikonversi dengan rupiah sebesar Rp 18.000.000 juta perbulan. Kemudian proses persiapan yang diawali dengan seleksi, serta persiapan pelatihan N5 dan N4. (braniko cibro)