Notification

×

Iklan

Iklan

Wakili Bupati Pakpak Bharat, Mutsyuhito Hadiri Musrenbangnas 2024 di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 | 11:27 WIB Last Updated 2024-05-08T04:27:51Z

ARN24.NEWS --
Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin menghadiri di Balai Sidang Jakarta Convention Center mewakili Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor di acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2024. 

Kegiatan ini dalam rangka penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2025, Senin (6/5/2024). Turut hadir bersama Wakil Bupati, Sekretaris Daerah Pakpak Bharat, Jalan Berutu, dan beberapa pejabat penting lainnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat.

Diketahui, Kementerian PPN/Bappenas melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025 dengan tema "Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan".
 
Musrenbangnas ini dibuka langsung oleh Presiden RI, H Joko Widodo yang sekaligus memberikan arahan penting tentang rencana pembangunan Nasional.

"Kita telah memiliki rencana pembangunan jangka panjang dan jangka menengah, dan juga RKP, tetapi yang perlu ditingkatkan adalah sinkronisasi, sebab itu sinkronisasi menjadi kunci. Dari level kementerian sampai daerah, semuanya harus sejalan," jelas Presiden RI, Joko Widodo dalam arahannya.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menjelaskan, Rancangan Awal RKP Tahun 2025 telah memuat agenda penting yang mengacu pada Rancangan Akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045, Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029, termasuk beberapa agenda yang terkait dengan program presiden terpilih. 

"Integrasi dengan program Presiden terpilih akan terus dilakukan hingga penetapan Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2025," ungkap Menteri PPN.

RKP harus mengusung prinsip dasar, yaitu harmonisasi program pusat dan daerah, orientasi hasil yang produktif, serta akurasi sasaran dan strategi alokasi anggaran. 

"RPJPN 2025-2045 untuk mencapai Indonesia Emas 2045 hanya akan berhasil jika dipedomani baik oleh RPJMN, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta RKP, ini yang harus kita pedomani, maka kita akan selaraskan program-program kita di Daerah dengan program nasional," beber Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin. (braniko cibro)